Forbidden Story : Bedanya Sunat Anak dan Dewasa…..

Forbidden Story 1: The Child

Belum lama rasanya daku menyunatkan kedua anak daku, mungkin mereka sekitar berumur 8 tahun. maklum babenya pelupa tanggal.

Di hari yang mendebarkan itu, si Koko dan Dedek berangkat ke rumah sakit berbarengan dengan sepupunya si Geger yang berumur sedikit tua bersama sama menyatakan diri ” janji berani mati, untuk disunat”..he..he..he..

Daku dan ipar daku saling bertukar kata, anaknya siapa yang duluan..
Maunya daku si kembar di babat duluan supaya babenya bisa pergi bekerja dengan hati tenang, kasihan kalo pasien lama menunggu.

Tetapi ipar daku minta anaknya yang masuk duluan karena walaupun lebih tua usianya, si Geger termasuk anak penakut.
Walah jika soal takut sih relatif yah, daku juga takut jika harus disunat..ha..ha.ha..

Dan celakanya lagi babenya si Geger juga terlalu takut untuk berani melihat anak lelaki satu satunya doi disunat, jadi daku diharuskan mewakili doi jagain anaknya di kamar operasi supaya nggak kabur saat sedang disunat.ha..ha.ha..eror story 🙂

Abang daku yang menjadi tukang satenya alias dokter bedahnya sembari “nyate” berdongeng…

Sering kejadian seorang anak sumpah berani mati berani disunat, eh pas detik detik terakhir akan masuk ke kamar operasi mini, doi mengurungkan niatnya.

Tak perduli apakah yang dikatakan oleh emak babenya untuk membesarkan hati anaknya mulai dari bujukan halus sampai ancaman, tetap saja itu anak akhirnya minta pulang, alias bataaaaallllll…

Tapi bisa saja terjadi, besokannya doi datang lagi untuk an batal lagi, ini bisa berulang ulang beberapa kali sehari dan berlangsung berhari hari.hi.hi..hi.

Hasil akhirnya bisa Jadi bisa juga Tidak.

So kehebatan seorang dukun bedah saat akan menyunat seorang anak dengan bius lokal itu bukannya soal canggihnya tehnik operasinya tapi juga keahliannya bisa membujuk sang anak mau naik ke atas meja operasi, mau dengan tenang dan sabar menunggu selesai sunatannya.dan mau dibalut tentunya .ha.ha.ha..

Sewaktu daku mau ujian akhir bedah minor dulu, sungguh beruntung menemukan seorang anak kelas 4 esde yang bersedia jadi pasien daku. doi adalah anak seorang guru SD tak jauh dari rumah daku.

Semula sang emak nggak kasih ijin..

Hm, mungkin doi kuatir burung anaknya somplak salah potong oleh seorang dukun muda.he..he..he..
Tapi rupanya sang anak udah kena pelet oleh my charming personality sehingga doi tetap keukeh, bila nggak boleh disunat , doi bakal mogok ogah sekolah, hebat kan ??!!

Ckckck..tentu dikau heran, dukun mana yang daku pake jampi jampinya or hadiah apa yang daku janjikan kepada doi ??

Suwer Man, daku cuman janjikan sehelai sarung seharga 20 ribu doangan.

Lantas kenapa doi tetap nekads ?

Selidik punya selidik ternyata doi malu setiap kali pipis selalu diledekin temans nya pas saling pameran burung karena doi satu satunya diantara temannya yang belon disunat.

So, ini bukan soal issue agama lagi baginya, ini soal harga diri seorang lelaki..hua..ha..ha..

So daripada dikau bingung anak dikau besarnya mau jadi apa, biar jadi dukun
sunat aja, rasanya itu nggak akan pernah ada habis ladang panennya.he.he.he.

Menurut daku, sunat adalah salah satu proses mematangkan kepribadian anak dalam menghadapi susah dan senang dan berani menanggung resikonya, jadi bukan sekedar pemotongan daging lebih saja :).

Omong omong, keponakan daku itu seperti ramalan babenya, akhirnya batal mau disunat karena doi udah keburu takut mendengar teriakan kedua anak daku yang masuk duluan..he..he..he..

Tentu saja babenya marah marah dengan daku, yah mau gimana lagi.
Daku membela diri bilangin babenya, “kalo nggak mau anakmu takut, dikau kasih contoh disunat dulu ”
Abis itu, doi diam seribu satu kata.he.he.he.

Kabar baiknya, beberapa hari kemudian si Geger akhirnya berhasil mengatasi rasa takutnya dan datang ke rumah sakit untuk menjalani prosesi pentahbisannya menjadi seorang lelaki yang gagah perkasa..hua.ha.ha..

So jika tiba tiba suatu hari seorang dukun mengrekomendasikan anak lelaki dikau untuk sunat karena mudah terkena infeksi saluran kencing yg berbahaya dikerenakan fimosis alias kulit penutup penisnya terlalu rapat, jangan menyerah ya jika gagal sekali dua, datang saja terus doi akan menyerah kok pada akhirnya setelah doi terbiasa dengan situasi di Rumah Sakit.

Jika terpaksa ya apaboleh buat,sunat dengan bius total merupakan pilihan terakhir jika keadaan memaksa.

Nah ini bagian serunya…..


Forbidden Story 2 : The Adult

Seberapa sih perlu orang disunat ? apakah ini cuman perintah agama saja ?

Jaman ini, lelaki dewasa bisa didakwa tidak perduli dengan kesehatan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunat lebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

Sani, prens daku mengutip jurnal perdukunan New England yang terkenal itu, bahwa sunat nggak ada gunanya.

Well well ini bakalan menjadi perdebatan yang panjang antara pro dan kontra, masing masing dengan datanya.

Tetapi untuk negara seperti Timur Tengah yang susah air dimana menjaga kebersihan kulit dan kelamin tentu sulit dilakukan, sehingga sunat adalah diharuskan karena dianggap baik untuk kesehatan sang pisang batu.

Seperti yang daku sebutkan diatas, lelaki ber sunat menurunkan resiko istrinya kena kanker mulut rahim, dan juga ada riset yang menunjukkan bahwa lelaki yang sudah disunat resiko kena HIV/AIDS lebih rendah daripada yang nggak.

So gimana Sani, jadikah dibabat pohon pisang batu tuanya ?? ha..ha.ha.

Masalahnya memotong pisang batu pada orang dewasa lebih complicated.
Beberapa pasien daku yang sudah menjalaninya, lebih recommended dukun pria saja yang melakukan operasi sunatnya, dan jangan sekali kali memilih dukun bedah perempuan yang sexy. 🙂

Why ?

Pernah sekali waktu daku didatangi oleh seorang pasien yang habis disunat oleh dukun, burungnya mengalami perdarahan.
“Sialan dukun bedahnya, Dok !! ” , Raja.
” Kenapa emang Raja ?”, Daku
“Iya, masak abis operasi daku dipesan satu larangan yang sangat sederhana sebenarnya Dok, tetapi ternyata itu menjadi masalah yang sangat sangat besar”

“Emangnya dikau dipesan apa”, daku sambil membungkus kembali sang pisang batunya.
“Aku dipesan nggak boleh punya *pikiran yang tidak tidak* !!”, Raja
“Maksudnya, nggak boleh berpikiran mau merampok dan membunuh bang Raj ??” daku
“Bukannn Dok, aku dipesan nggak boleh berpikiran jorok”

“Maksudnya, harus cuci tangan sebelon makan Raj ??” daku.
“Bukan, ah dokter…” Raja.

Hua..ha.ha.ha..

Tentulah yang dimaksud nggak boleh berpikiran tentang hal hal yang tidak seharusnya dipikirkan oleh seorang lelaki yang terhormat, ngerti kan maksud daku ?? Tidak ? ya sudah..ha.ha.ha.

Ternyata semakin dipesan demikian, pikiran doi yang mendadak jadi eror malahan terus berpikir tentang Kamar Sutera .ha..ha..ha.
Alhasil doi kesakitan setiap kali ereksi, dan jahitannya jadi berdarah gara gara doi mimpi sedang pipis dikebon digigit ular berbisa dan bangun teraduh aduh. 🙂

Demikianlah derita seorang lelaki dewasa yang bertanggung jawab dengan kesehatan calon istrinya.

Makanya kalo mau sunatin anak enaknya sih masih agak kecil aja, umur 8 tahun sangat ideal, jika waktu bayi nggak disunat duluan.

Jika balita bisa heboh peganginnya supaya tidak bergerak, biar kecil jika sudah kepepat seperti itu doi bisa berubah menjadi sekuat gatot kaca kadang butuh beberapa orang dewasa memegangnya, atau akhirnya malahan dibius total, ribet kan ?

Nah, ini ada Alkisah yang dikisahkan oleh seorang prens dukun bedah..

Seorang sepasang suami istri datang ingin menyunatkan suaminya demi masa depannya.
Setelah sepakat dengan model sunat yang dinginkan..he.he.he.maka sang istri mulai tawar menawar soal harga dengan sang dukun.
Karena istrinya adalah seorang ibu rumah tangga yang tangguh, maka ditawarlah dengan cara ibu ibu beli sayuran, pokoknya harus dapat murah semurah murahnya.he..he..he..
Eh, dasar nasib sedang baik, dari harga 1.000.000 turun jadi 10.000 rupiah.ck..ck..ck..hebats.
Maka naiklah sang suami ke tempat pemotongan pisang, dan dikerjakanlah oleh sang dukun sambil bersiul siul.
Tak sampai semenit kemudian eh, tau tau sang dukun bilang ” Udah selesai!!”.
Wah, sakti amat nih dukun, pikir doi, lalu ditengoknyalah sang pisang raja,dan doi kaget setengah mati.
Si pisang raja masih berdarah darah abis dibabat dan nggak dijahit sama sekali.
Maka doi menjadi marah sekali, siapa nggak marah, masa belon kelar begini dibilang udah, kan ini ibaratnya mandi keramas masih penuh shampoo di kepala dan badan.he..he..he..
“Masa begini ini dibilang udah dok ??”
“Iya dengan uang 10.000 hanya sampai segini aja, kalo mau dijahit dan dibungkus rapi harus nambah lagi 990.000 rupiah lagi, mau diteruskan pak ??…”..ha.ha..ha..humor basi.

NB: para dukun sunat tradisional di kampung atau Bengkong, menyunat anak anak dengan sembilu, pisau yang terbuat dari bambu dan tidak dijahit sama sekali.

Advertisements

44 responses to “Forbidden Story : Bedanya Sunat Anak dan Dewasa…..

  1. eddyjp said: Jaman ini, lelaki yang belon disunat akan didakwa tidak perduli dengan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunatlebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

    jadi..ntar calon mantuku kudu di tanya..atau di intip sekalian, dah ikut acara potong padi belum? ini salah satu syarat mutlak ya!

  2. eddyjp said: Jaman ini, lelaki yang belon disunat akan didakwa tidak perduli dengan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunatlebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

    hi..hi..hi..itu sih tugasnya ko KJ, kalo anakmu yang lapor duluan sebelon waktunya, ntar dikau bisa pingsan…he..he..he..

  3. eddyjp said: Jaman ini, lelaki yang belon disunat akan didakwa tidak perduli dengan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunatlebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

    wah kalau kita yang nanya apa ntar calon mantu kagak kabur?

  4. eddyjp said: Jaman ini, lelaki yang belon disunat akan didakwa tidak perduli dengan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunatlebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

    Dikau ajak pipis bareng di mall aja, sebelah sebelahan..lalu dikau bilang ini burungku, mana burungmu..ha..ha..ha..

  5. eddyjp said: Jaman ini, lelaki yang belon disunat akan didakwa tidak perduli dengan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunatlebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

    waaaa … kasian bener yg di sunat saat usia udah segitu … mending dari bayi aja laaaahh …

  6. eddyjp said: Jaman ini, lelaki yang belon disunat akan didakwa tidak perduli dengan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunatlebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

    Eits, katanya nggak baik nyunatin anak bayi tanpa anestesi lho. bikin itu anak trauma secara psikologis juga.
    Jadi jangan kira mereka itu nggak bisa merasakan lho ya, cuman nggak berdaya..

  7. eddyjp said: Jaman ini, lelaki yang belon disunat akan didakwa tidak perduli dengan istrinya, karena terbukti burung yang nggak disunatlebih memberikan resiko kanker bibir rahim kepada pasangannya.

    Hahaha… baru daku pertama kali baca MP seserius gitu.
    Diulang2x lagi. Asyik

  8. kutuwell said: Hahaha… baru daku pertama kali baca MP seserius gitu.Diulang2x lagi. Asyik

    Welling, senang dikau bisa ikutan tertawa..he..he..anak anak emang sumber inspirasi yang tak ada duanya.

  9. kutuwell said: Hahaha… baru daku pertama kali baca MP seserius gitu.Diulang2x lagi. Asyik

    mbah bisakah dikau membahas lebih lanjud soal potong memotong inih, dengan pandangan dikau sbg seorang dukun..karna saya berencana mengadakan pemotongan punya nya anakku pas liburan nanti, msh bingung metode mana yg mo dipilih? jepit, tebas, ato yg ada jahit menjahitnya..?
    pembahasan dikau tentu akan berguna bagi nusabangsa dan negara…thanks b4!

  10. kutuwell said: Hahaha… baru daku pertama kali baca MP seserius gitu.Diulang2x lagi. Asyik

    Ed, aku telats baca dikau punya artikel soal potong padi. Aku pernah baca suatu artikel bhw potong padi akan membuat cowok cepat "muntah" alias eja****si drpd kalau nggak? Bener nggak sih?

  11. kutuwell said: Hahaha… baru daku pertama kali baca MP seserius gitu.Diulang2x lagi. Asyik

    nggak ada hubungannya Linda..he..he..he..justru karena sudah terekpos kena gesek sana sini, jadi kurang sensitif…he..he..he..selain itu soal ejakulasi itu kontrolnya ada di otak lho, jadi orang lelaki yang bermasalah dengan psikisnya sering dapat ejakulasi dini :))

  12. kutuwell said: Hahaha… baru daku pertama kali baca MP seserius gitu.Diulang2x lagi. Asyik

    metodenya standar aja Pet, sering yang dimaksud laser itu adalah elektrokauterisasi alias di bakar..he..he..he..so bau sate di kamar operasi..hi..hi..hi..tetap aja abis disunat akan terganggu seminggu dua minggu.

  13. eddyjp said: karena sudah terekpos kena gesek sana sini, jadi kurang sensitif…

    Nggak..ha..ha..ha..dulu kalo baru dikupas ‘pisang’nya, walah kena air dingin aja bisa meriang..ha..ha..ha..

  14. eddyjp said: karena sudah terekpos kena gesek sana sini, jadi kurang sensitif…

    Hua..ha..ha..dikau kira mau ikut lomba lari 100 m, daku jamin pelari nya bakalan namber wan in the world dan memecahkan rekor dunia yang nggak pernah ada sebelumnya..hi..hi..hi..

  15. lbillstein said: Kudu pake Rheumason dong spy anget…….

    ini mah hot dog linnn…mening jg olip oil lah.

    duk ed: potong padi kalu kt new england med journal bilang ngak ada faedah. Duuhh, dikasinya gitu kenapa kudu dipotong-potong.

  16. lbillstein said: Kudu pake Rheumason dong spy anget…….

    dulu waktu ikut adik potong padi di jogja, gak pake anestesi, trus abis itu langsung bisa jalan-jalan ke malioboro. katanya motongnya gak pake pisau tapi pake bilah bambu alias sembilu. tau deh bener apa enggak tuh. yang jelas, tuh tempat potong kulit di jogja, sekarang buka warung juga di jakarta…. pake magic biar gak sakit… katanya lho ya….

  17. lbillstein said: Kudu pake Rheumason dong spy anget…….

    oya, yang paling seru dari cerita potong memotong itu, jadi inget cerita temen… katanya, waktu adiknya (ini adik beneran :D) abis disunat, dengan bangganya dia pake sarung trus main kelereng. Cuma sarungan doang tuh, gak pake aling-aling lagi di dalemnya. Lagi seru-serunya main sambil jongkok, temennya giliran jalan. Tanpa permisi, tuh kelereng disentil dan melayang nyenggol si burung yang gak di dalam sangkar itu.
    Huehehehehe, bagi yang pernah disunat, boleh tuh bagi-bagi cerita, apa kira-kira rasanya burung kesenggol kelereng yang disentil dari jarak jauh dengan sekuat tenaga….hahahaha….
    Mbah, waktu triplet sunat, ber-3 nangis bareng gak…?

  18. nuaing said: ini mah hot dog linnn…mening jg olip oil lah

    sakitnya entar belakangan Ika…he..he..he..apa nggak sama sekali ? :))
    Dikampung emang masih pake sembilu, resikonya kena tetanus.

  19. nuaing said: ini mah hot dog linnn…mening jg olip oil lah

    he..he..he..ini sih cerita biasa, anak anak suka iseng.
    anak daku nggak ada yang nangis dong, siapa dulu babenya..he..he..pan bukan daku yang sunatin..ha..ha..ha..

  20. nuaing said: ini mah hot dog linnn…mening jg olip oil lah

    mbah… aku pernah dapet inpo nie… katanya kalo yang pake bakar2an itu.. eh pake laser maksutnyah… salah bakar, bisa bikin impoten.. wiiii… syereeeemmmm… dakuw kan ga rela anak daku bernasib spt itu…

  21. nuaing said: ini mah hot dog linnn…mening jg olip oil lah

    Emang dikau kira bakar kemenyan..ha..ha..ha..kulit ujungnya aja yang dipotong sambil di kauter supaya nggak berdarah.
    Laser itu cuman istilah kerennya aja.

  22. nuaing said: ini mah hot dog linnn…mening jg olip oil lah

    aku pernah punya pengalaman tuh, mbah… diriku mendampingi anak asuh waktu khitanan masal, wah baunya sate itu gak ilang seminggu…
    kali mendingan dijepit aja, ya…
    asal gak dijepit pintu, huehehehehe

  23. nuaing said: ini mah hot dog linnn…mening jg olip oil lah

    Iya bau banget, memang ada yang dibuat alat khusus dengan menjepit sekaligus memotong, konon oke banget tapi menurut daku sama saja resikonya ya.

  24. duniablue said: Huehehehehe, bagi yang pernah disunat, boleh tuh bagi-bagi cerita, apa kira-kira rasanya burung kesenggol kelereng yang disentil dari jarak jauh dengan sekuat tenaga….hahahaha….

    ouuuuuch…….ngeri ngebayanginnya

  25. duniablue said: Huehehehehe, bagi yang pernah disunat, boleh tuh bagi-bagi cerita, apa kira-kira rasanya burung kesenggol kelereng yang disentil dari jarak jauh dengan sekuat tenaga….hahahaha….

    Pak dukun, ini pengalaman di amrik, ketiga anak lakiku lahir disono, jadi waktu lahir mereka langsung disunat. Memang sudah menjadi prosedur rs sakit tiap anak laki yg lahir langsung disunat .

  26. duniablue said: Huehehehehe, bagi yang pernah disunat, boleh tuh bagi-bagi cerita, apa kira-kira rasanya burung kesenggol kelereng yang disentil dari jarak jauh dengan sekuat tenaga….hahahaha….

    anak saya 5th, liburan desember kemaren baru disunat pake jepit an itu…kalo menurut saya sih perawatannya lebih mudah daripada nyang biasa or yg bakar bakaran.selesai pemotongan ccuma 2 kali pipisnya nangis. seterusnya cuma meringis dikit..seminggu jepitan dibuka, 2 minggu koreng lepas. sekarang udah mulus lus….saya sangat rekomendasi metode ini.

  27. duniablue said: Huehehehehe, bagi yang pernah disunat, boleh tuh bagi-bagi cerita, apa kira-kira rasanya burung kesenggol kelereng yang disentil dari jarak jauh dengan sekuat tenaga….hahahaha….

    nah, ini mbak Dytha, ada riset yang tidak memperbolehkan anak baru lahir disunat tanpa anestesi, konon itu akan membekas di hati anak, emangnya doi nggak kesakitan selama dan sesudahnya, gitu katanya, cuman nggak bisa mengungkapkan penderitaannya.
    Makanya daku nggak kasih anak daku disunat setelah lahir dan semasa bayi.

  28. duniablue said: Huehehehehe, bagi yang pernah disunat, boleh tuh bagi-bagi cerita, apa kira-kira rasanya burung kesenggol kelereng yang disentil dari jarak jauh dengan sekuat tenaga….hahahaha….

    Di RS mana dikerjakannya Pet ?

  29. duniablue said: Huehehehehe, bagi yang pernah disunat, boleh tuh bagi-bagi cerita, apa kira-kira rasanya burung kesenggol kelereng yang disentil dari jarak jauh dengan sekuat tenaga….hahahaha….

    setahuku di Amrik by choice ya mo disunat/tdk… malah baru denger tuh kalo itu prosedurnya RS. Temen2 saya (org Indo) yg ngelahirin anak2nya gak disunat kok.

  30. eddyjp said: Di RS mana dikerjakannya Pet ?

    bukan di rs tp di klinik dokter umum, tp dia udah ikutan pelatihan jepit menjepit. kliniknya di bogor, daerah kebonpedes, namanya dr.heryman. di jkt juga ada,nama kliniknya rumah sunatan daerah matraman

  31. eddyjp said: Di RS mana dikerjakannya Pet ?

    menurut daku sih nggak usah dulu ya, karena sama juga sadis ya jika tanpa anestesi dulu…he..he..he..kita suka underestimet bayi deh as a human being kadang karena mereka nggak berkutik diapa apakan

  32. fadhilaharif said: bukan di rs tp di klinik dokter umum, tp dia udah ikutan pelatihan jepit menjepit. kliniknya di bogor, daerah kebonpedes, namanya dr.heryman. di jkt juga ada,nama kliniknya rumah sunatan daerah matraman

    Sangat menarik Pet, daku nanti bakal minta disunat lagi…he..he..h.e

  33. eddyjp said: Mungkin bagi dikau yang punya anak feremfuan telah terhindar dari kewajiban ini, karena sunat pada wanita sudah dilarang jauh jauh hari karena dianggap nggak manusiawi.Masalahnya pada wanita, di belahan dunia lainnya, kembang kolnya..eh, klitorisnya …he..he..dipotong sehingga doi tidak merasakan apa-apa, dan the worst part nya terjadi infeksi yang bisa menyebabkan penderitaan yang berlanjut…

    mbah dukun yang terhormat, denger-denger gosip, sunat perempuan di indonesia akan dibolehkan dan akan dimasukkan ke dalam revisi undang-undang kesehatan…
    so, siap-siap jadi orang primitip lagi dah…
    bisa gak ya, para dukun ikut memproklamirkan bahwa sunat perempuan ini tidak berpihak pada perempuan???

  34. duniablue said: so, siap-siap jadi orang primitip lagi dah…bisa gak ya, para dukun ikut memproklamirkan bahwa sunat perempuan ini tidak berpihak pada perempuan???

    He..he..he.kalo memasuki ranah agama emang paling biking pusing kepala Ka, kadang nggak sejalan dengan logika kita, tinggal yang menjalaninya aja, mau diturutin apa nggak ?…he..he.
    Daku pernah ikutan lihat sunat anak perempuan versi towel berdarah aja udah dianggap sah Ka…he..he..he..kalo ini sih mendinglah, kalo klitoris dipotong ya itu termasuk bikin cacat menurut ilmu perdukunan :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s