Emak, daku minta kawin …hari ini juga !

Kemaren daku dapat undangan perkawinan seorang prens milis Ayahbunda, berhubung itu hari minggu, siang lagi maka daku tidak dapat menolaknya..he..he..

Jika undangannya hari kerja, maka otomatis daku nggak akan bisa nongol karena kudu narik beca saban hari.

Daku kira kemaren itu pastilah hari baik bulan baik sehingga prens daku kawin.

Seperti kebanyakan dari kita, apalagi orang Cina, biar agamanya apa juga, begitu dikau lapor "Mak, daku udah gak tahan nih, mau kawin..eh, nikah BESOK !!".

Yakinlah teman emak dikau langsung siram jidat dikau dengan air kembang tujuh rupa buat ngusir setan burik yang nyantol ke otakmyu…he..he.he..

Atau bisa jadi doi langsung jatuh pingsan, bila doi tabah maka terbata bata akan bertanya

" Dikau bikin anak orang hamil berapa bulan Nak ?"..hua…ha..ha..

See, kawin ( sudahlah temans, daku lebih asik pake istilah ini daripada nikah 🙂 itu nggak bisa spontan begitu aja, kudu dipersiapkan baik baik.

Waktu daku mau kawin dulu, cukup 6 bulan saja untuk reservasinya, karena mendadak daku bosan main pacar pacaran.

Daku bilang sama emak, maunya hari minggu tanggal segini, emak daku langsung sewot "Itu hari nggak bagus tauk Nak ?"..

Lha lha lha sejak kapan hari nggak baik emak ?

Buktinya dibelahan dunia lain bisa menikah kapan aja…

"Makanya pada kawin cerai !!" sambung emak daku " Kawin kan cuman sekali.."

Emang boleh berapa kali Mak ?..hi..hi..hi..

Inilah akibatnya daku udah dicuci otak di gereja bahwa nggak ada hari nggak bagusnya..

Wong nyanyiannya aja " hari ini harinya Tuhan.." jadi ya nggak ada yang buruk rupa.

Berhubung daku kalah bertukar kata, jadilah daku menurut sajalah, maka emak daku yang sibuk memilih hari yang bagus jatuhnya pada hari minggu.

Nah, kalo udah gitu pastilah banyak yang kawin hari itu, bookingan tempat semua udah penuh, lha jelas aja, semua orang melihat kalender Cina yang sama…hi..hi..hi.

Sayang daku udah kebelet mau kawin jadi malas beradu kata sama emak.

Coba dikau perhatikan kemaren pas tanggal 07/07/07, emak daku dapat undangan 5 buah dalam waktu sehari..hi..hi..gimana mau datang kesemuanya.

Pas di hari baik itu, daku denger dari emak, ada temannya yang ngawinin anak sepi yang datang, karena jamnya hampir sama semuanya.

Mana mungkinlah orang bisa datang kesemua tempat undangan perkawinan sekaligus pada waktu yang nyaris bersamaan ?

Emangnya roh gentanyangan…wakakakak


Konon pengantennya sangat kecewa, makanan tidak termakan begitu banyak, kemeriahan pesta perkawinan tidak terasa…

See, hari baik bulan baik menjadi tidak baik bukan ?


So yang belon kawin dan mau pilih tanggal 08/08/08 yang sangat istimewa ini, hati hatilah, karena bisa jadi hari itu hari tak baik dan bulan tak baik…he..he..he..

Soal makanan pesta, banyak paket yang mahalnya luar biasa, paling tidak menurut ukuran kantong daku.

Pas sedulur daku menikah di sebuah hotel bukan bintang 5, sepiring makanan 100 ribu rupiah, bahkan menurut doi itu udah paket yang biasa biasa saja…

Alamak, gimana nggak nombok ya kalo kantongnya pas pasan…he.he..

Tentu saja daku tau teman biking pesta perkawinan itu bukan buat cari untung, makanya ada seorang pengusaha besar yang mengawinkan anaknya, di tempat angpaonya tertulis
" akan disumbangkan ke yayasan sosial"..mulia luar biasa.

Tapi menurut emak daku, nggak jelas tuh kabarnya ada yayasan sosial yang kecipratan berkah…hi..hi..hi..

Biking pesta perkawinan jaman ini dimana global warming merajalela, dikau kudu panggil dukun dari BMG, karena mereka bisa meramalkan besok hujan atau tidak, walaupun konon sering meleset daripada tepatnya, yah namanya juga usaha temans.

Pernah sepasang penganten baru mengadu nasib, meminjam uang dalam jumlah yang cukup besar dari kedua belah pihak keluarganya untuk bikin undangan 1000 orang.

Rupanya doi insting bisnisnya luar biasa, soalnya waktu itu orang yang ngasih angpao masih oke punya, bisa dikira kiralah besarnya.

So setelah dilakukan analisa prospektifnya mereka mantap menjalankan rencana pesta besar perkawinannya.

Di pelupuk mata sudah terlintas asiknya, nggak punya duwit bisa pesta besar dan untung besar pula.

Tapi apa yang terjadi temans ?

Eh pas hari H nya terjadilah hujan besar besaran sepanjang hari…

Hanya dikit aja yang bisa datang, tak sampai 10 persennya, dikau bisa bayangkan bagaimana perasaan mereka ?


Konon dukun pawang hujan sudah dipanggil tetapi menolak, alasannya bininya sedang mens…ha..ha.ha..emang nggak ada hubungannya ?

Coba, siapa yang yakin siapa yang nggak yakin ada hubungannya ..

Ada hubungannya temans sekalian….

Dikau panggil doi pas hujan badai dengan awan raksasa, gimana doi bisa menghentikan hujannya temans ?

Konon doi kudu lempar celana kolor istrinya ke atas genteng guna mengusir setan hujan yang akan datang.

Mana mau bininya kasih pinjamkan kolor yang sedang dipakainya ? jemuran pada nggak kering semuanya…hua..ha..ha..

Advertisements

81 responses to “Emak, daku minta kawin …hari ini juga !

  1. mariaherlina said: hehhhhhhhhhh???? daku yakin dikau becanda Om :p

    Marriage itu kan bukan cuman pesta nya doang.
    Habis itu kan si pasangan harus muali RT, kalo uang semua diinvest buat pesta ( meski dgn harapan balik modal), sedangkan cicilan rumah belon selesai, kan bertolak sekali.
    Lagian pesta yg memakan uang jut2an, kan cuman last beberapa jam. Sayang ah duit dibuang begitu. Emang ngayuh becak gampang?

  2. mariaherlina said: hehhhhhhhhhh???? daku yakin dikau becanda Om :p

    Pesta kawin di Jpn, memang pengantin wanitanya ganti baju 3 kali, pertama pakai kimono utk pemberkatan di kelenteng, wedding dress utk yg digereja, lalu coctail dress dan evening dress. Tergantung dr kantongnya juga. wkt daku hanya ingin yg kimono tp sayangnya ikatan baju kimono itu keketatan dan wignya keberatan..ngga sampai 1 jam give up deh. rugi banget tuh, sdh bayar sewanya mahal2 cuma sebentar,,,jadi ngga punya foto2 yg bagus wkt pakai kimono…tamu yg diundang hanya 20 orang saja dan sesudahnya ada pesta makan bersama dgn teman2 sekantor hubby..

  3. eddyjp said: he..he..he..emang paling kesian kalo dalam kontrak tercantum nggak boleh hamil, sedangkan tau tau udah hamil, masa mau digugurin, sukurlah kalo UU baru bagus gini 🙂

    waduh, mbah… kalo hamil masih bisa dicegah… kalo udah kebelet kawin…itu yang susah :D.
    Masalahnya UU cuma bilang karyawan gak boleh dipecat karena status pernikahannya, tapi kalo gak boleh dipecat karena hamil kayaknya gak tegas tertulis. Mestinya, UU harus bisa mengakomodasi ini sih, atau harus kita rumuskan UU Kesehatan Reproduksi, mbah 😀 Biar orang gak pada mati sia-sia dikerjain dukun yang mau ngaborsi sembarangan. Kalo hamil trus aborsi, emang bisa kerja juga, huahahahahahaha

  4. duniablue said: Mestinya, UU harus bisa mengakomodasi ini sih, atau harus kita rumuskan UU Kesehatan Reproduksi, mbah 😀 Biar orang gak pada mati sia-sia dikerjain dukun yang mau ngaborsi sembarangan. Kalo hamil trus aborsi, emang bisa kerja juga, huahahahahahaha

    Inilah satu satunya kelemahan tenaga kerja wanita, doi bisa mentung perutnya alias hamil Ika…he..he..he..

  5. shedariy said: so, kadang2 urusan kayak gini tidak cukup hanya berlandaskan akal sehat, tapi juga menyangkut banyak hal, salah satunya, kalau tidak diacarain, nanti dikira hamil duluan atau ortu merasa kasihan wong kakaknya dulu diacarain, kok adiknya tidak (dianggap tidak adil) atau malah yang aku suka kontra, takut diomongin orang….

    Persis Ani, itulah makanya di Indo sangat beda dengan di barat, makanya dinikmati aja :), asalkan nggak minjem duit aja bakal pestanya…he..he..he..sebenarnya sih kalo dikampung itu semacam gotong royong alias arisan tidak tertulis, orang memberikan uang untuk orang yang menikah, ini daku amati dipedalaman Kal Bar.

  6. kutuwell said: Lagian pesta yg memakan uang jut2an, kan cuman last beberapa jam. Sayang ah duit dibuang begitu. Emang ngayuh becak gampang?

    Filosofi yang terkandung didalamnya berbeda antara western dengan asia Ling, emak dikau akan kehilangan muka kalo anaknya kawin nggak dipestakan…he..he..he..kalo mo irit ya pesta kaya orang dikampung jakarta aja, palangin jalan semaunya bikin orkes dangdut di depan rumah toh sama saja…he..he..he..

  7. nonragil said: Pestanya gedhe-gedhean, tp baru 3bulan, udah gonjang-ganjing rumah tangganya. Ribut, gara-gara gak bisa bayar utang buat perkawinan!!!!

    Itu sih selebriti Helene, masalahnya kita disini itu extended family, kalo sampai emak dikau lupa mengundang beberapa sedulur dekat, doi akan di musuhin orang sekampung…he..he..he..

  8. limkimsoan said: .ngga sampai 1 jam give up deh. rugi banget tuh, sdh bayar sewanya mahal2 cuma sebentar,,,jadi ngga punya foto2 yg bagus wkt pakai kimono…tamu yg diundang hanya 20 orang saja dan sesudahnya ada pesta makan bersama dgn teman2 sekantor hubby..

    Apa emang tradisi jepang kawin ngundang dikit gini aseli adatnya, atokah sudah mengadopsi budaya western Ce ? poto ulang kan masih bisa dalam rangka ultah perkawinan…he..he..he..daku dikirimin ya versi kimono nya…

  9. eddyjp said: Itu sih selebriti Helene, masalahnya kita disini itu extended family, kalo sampai emak dikau lupa mengundang beberapa sedulur dekat, doi akan di musuhin orang sekampung…he..he..he..

    Eh ini bukan kisah selebriti lho. Di aussie ada tuh kejadian, utang belum lunas tetapi udah keburu cerai, krn masing2 ribut siapa yg hrs nanggung utangnya. Pihak cowok bilang pihak cewek ngundang lebih banyak orang, jadi si cewek yg hrs bayar. Sdgkan si cewek bilang sebaliknya…..

  10. kutuwell said: Marriage itu kan bukan cuman pesta nya doang. Habis itu kan si pasangan harus muali RT, kalo uang semua diinvest buat pesta ( meski dgn harapan balik modal), sedangkan cicilan rumah belon selesai, kan bertolak sekali. Lagian pesta yg memakan uang jut2an, kan cuman last beberapa jam. Sayang ah duit dibuang begitu. Emang ngayuh becak gampang?

    Bener Ling. Daku mending diomeli orang sekampung krn mereka toh nggak ikut bayarin cicilan rumah kita…hehehe….

  11. kutuwell said: Marriage itu kan bukan cuman pesta nya doang. Habis itu kan si pasangan harus muali RT, kalo uang semua diinvest buat pesta ( meski dgn harapan balik modal), sedangkan cicilan rumah belon selesai, kan bertolak sekali. Lagian pesta yg memakan uang jut2an, kan cuman last beberapa jam. Sayang ah duit dibuang begitu. Emang ngayuh becak gampang?

    Ed, kamu ceritanya lagi mempertimbangkan apa yang sebaiknya dijalankan buat triplets di hari yang akan datang??? hehehe…. aku termasuk yang konservatif…alias kuno. anak pertama ku pasti harus pesta, anak ke2 ya terserah dia…dan kalau masih tersisa dana, anak yang ke 3 pasti di pestain juga, hehehehe…..

  12. mayaekt said: Ed, kamu ceritanya lagi mempertimbangkan apa yang sebaiknya dijalankan buat triplets di hari yang akan datang??? hehehe…. aku termasuk yang konservatif…alias kuno. anak pertama ku pasti harus pesta, anak ke2 ya terserah dia…dan kalau masih tersisa dana, anak yang ke 3 pasti di pestain juga, hehehehe…..

    Hi..hi..hi..di posisi yang berbeda kita melihat sisi yang berbeda kan May ? kompromi yang penting, anak akan menolak pesta karena sebel yang datang en salaman doi nggak kenal…he..he..he..mana hepi sih ?

  13. lbillstein said: Eh ini bukan kisah selebriti lho. Di aussie ada tuh kejadian, utang belum lunas tetapi udah keburu cerai, krn masing2 ribut siapa yg hrs nanggung utangnya. Pihak cowok bilang pihak cewek ngundang lebih banyak orang, jadi si cewek yg hrs bayar. Sdgkan si cewek bilang sebaliknya…..

    Hi..hi..hi..pecah kongsi ya Linda, perusahaannya bubar asuransi dong yang kudu nanggung.
    Trus gimana akhir ceritanya ? siapa yang bayar ?

  14. lbillstein said: Eh ini bukan kisah selebriti lho. Di aussie ada tuh kejadian, utang belum lunas tetapi udah keburu cerai, krn masing2 ribut siapa yg hrs nanggung utangnya. Pihak cowok bilang pihak cewek ngundang lebih banyak orang, jadi si cewek yg hrs bayar. Sdgkan si cewek bilang sebaliknya…..

    Hahahaha..bpk Eddy ini lucu sekali kalo bercerita..aku ngakak2 disini.. tapi aku bisa tangkap maknanya jg disini..
    bikin pesta sesuai kantong aja.. jd gak ada yg nombok dan ditombokin.. Masalah hari pesta sebaiknya pilih saat musim panas dan liburan anak sekolah Juli-September biasanya..
    Kawin pake baju adat jg FUN, secara tdk langsung ikut promosikan culture kita, hahaha..ingat itu jd ketawa sendiri.. krn adat Bugis (Palopo) pengantin pake baju Bodo, bawahan utk laki semacam rok, yg ada suami hampir kabur saat diminta pake rok itu hahahaha.. katanya aku bukan Lady Boy!!! hahahhaa…

  15. anitamessruther said: .ingat itu jd ketawa sendiri.. krn adat Bugis (Palopo) pengantin pake baju Bodo, bawahan utk laki semacam rok, yg ada suami hampir kabur saat diminta pake rok itu hahahaha.. katanya aku bukan Lady Boy!!! hahahhaa…

    Seru bener Nit..he..he..he..tapi daku kalo melihat orang menikah dipakein kain selendang putih renda renda di taruh dikepala kedua mempelai kesannya lady banget..he..he..he..

  16. eddyjp said: Seru bener Nit..he..he..he..tapi daku kalo melihat orang menikah dipakein kain selendang putih renda renda di taruh dikepala kedua mempelai kesannya lady banget..he..he..he..

    Emang kita byk adat-istiadatnya.. wah kalo mau diikutin semua bisa2 patah kaki alias capekkk. Kalo bugis malah pas ijab kabulnya (nikah) pengantin pria dan wanita gak berada ditempat yg sama. Jd gak pake selendang2an hehehe.. biasanya itu nikah adat Jawa ya..

  17. eddyjp said: Seru bener Nit..he..he..he..tapi daku kalo melihat orang menikah dipakein kain selendang putih renda renda di taruh dikepala kedua mempelai kesannya lady banget..he..he..he..

    Kalau disini disamping undangan ada lampiran lain untuk di-isi, kalau mau hadir lampiran berbentuk kartu kecil dikirimkan balik pada yang mengundang, kalau yang diundang tidak mengirimkan balik ke pengundang berati yang diundang tidak mau datang pada pesta pernikahan tersebut. Pengundang tentunya tidak memesankan makanan untuk yang diundang yang tidak mengirimkan kembali lampiran kecil yang disertakan dalam undangan.

  18. eddyjp said: Seru bener Nit..he..he..he..tapi daku kalo melihat orang menikah dipakein kain selendang putih renda renda di taruh dikepala kedua mempelai kesannya lady banget..he..he..he..

    Aduh Pak, jangankan mau kawin, daku liat, ada teman di sini yg ndak berani ke kampung halaman. Katanya sekali pulkam hrs habis min EUR 10.000,- , Hah gilee?
    Iye katanya, dia kalo sdh pl kampung mesti gelar pesta buat org sekampung, salaman kasih angpao, seorg Rp. 25.000,-, pake panggung wayang kekek plus orchestra. Habis lah itu uang buat entertain olang sekampung. Ini kaya cerita TKW saja, yg pulkam langsung diperas.
    Kalo ndak begini, ntar si teman diejek2xin. Gitu..

  19. eddyjp said: Seru bener Nit..he..he..he..tapi daku kalo melihat orang menikah dipakein kain selendang putih renda renda di taruh dikepala kedua mempelai kesannya lady banget..he..he..he..

    Ngomong- ngomong soal kawin eh.. nikah, rasanya aku mungkin termasuk yang ekspress juga kali ya, dari kenal sampai merried gak sampai setahun. Trus cari hari dan tanggal juga sendiri, ortu gak ikut campur. Tapi kalau urusan pesta, aku sih mau dipestain dan gak mau digereja & cat. sipil aja karena aku pikir ya sekali seumur hidup pengen juga dong ngrasain yang namanya pesta untuk diri sendiri tapi semua disesuaikan dengan kantong gak boleh ngitung untung rugi dan yang paling penting jangan ngutang.

  20. ellytjan said: Kalau disini disamping undangan ada lampiran lain untuk di-isi, kalau mau hadir lampiran berbentuk kartu kecil dikirimkan balik pada yang mengundang, kalau yang diundang tidak mengirimkan balik ke pengundang berati yang diundang tidak mau datang pada pesta pernikahan tersebut.

    Sayang disini belum bisa digunakan cara seperti ini, paling paling orang terdekat kita saja yang dapat memastikannya, sedang yang diundang kadang mempelainya nggak kenal…he..he..he..

  21. lovacute said: Ngomong- ngomong soal kawin eh.. nikah, rasanya aku mungkin termasuk yang ekspress juga kali ya, dari kenal sampai merried gak sampai setahun. Trus cari hari dan tanggal juga sendiri, ortu gak ikut campur.

    Enak ya Siani, dikau termasuk beruntung semoga itu dikau anak anak dikau boleh milih sendiri juga termasuk pesta nggaknya…he..he..he..

  22. lovacute said: Ngomong- ngomong soal kawin eh.. nikah, rasanya aku mungkin termasuk yang ekspress juga kali ya, dari kenal sampai merried gak sampai setahun. Trus cari hari dan tanggal juga sendiri, ortu gak ikut campur.

    kocaaaakkkkkkkk habissssssssss……………
    ngakak pool euy…………. topssss

  23. hennymamaping said: Lintas Waktu…. Hebat aah si Mbah!

    He..he..he.dikau teringat sama pesta perkawinan dikau Hen…he..he.he..setelah liat bulan tanggal jam menit detik baik, ada halangannya nggak ? :))

  24. hennymamaping said: Lintas Waktu…. Hebat aah si Mbah!

    Oh, spt yg laen, tetap kebentur tembok tradisi n kepaksa ikuuut. Syukur gak ada halangan n lancar2 aja..*waktu itu impas 🙂

    Cuma maksudku, tulisan Mbah lintas waktu…dibaca sekarang tetep aja seger! Selamat yah Mbah untk ide2 tulisan yg trus muncul dgn gaya bhs sukasukanya. Semoga aku juga bisa nulis sehebat Mbah, doain yah…

  25. hennymamaping said: Oh, spt yg laen, tetap kebentur tembok tradisi n kepaksa ikuuut. Syukur gak ada halangan n lancar2 aja..*waktu itu impas 🙂

    He..he..he..kita memang nggak punya banyak pilihan jika kepentok sama tradisi, kita masa bodo, orang tua nggak setuju..
    Ini cuman sekedar omong kosong aja Hen…he..he.bukan tulisan yang berguna, dikaupun bisa asalkan sudah terbiasa kok :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s