Kawin Telat : How Old is TOO Old to Get Married ?

Ini dongengan seorang prens daku :

Alkisah, suatu hari aku jalan jalan sore dengan oomku di Semarang. Di tengah jalan kami bertemu dengan sobat lama oomku yang sudah lama tak bersua.
Teman lama ini mungkin umurnya 60 an, berambut putih menggandeng anak umur 4 tahun.

Setelah bertegur sapa dengan meriah karena kangen, oom ku otomatis tanya dengan lugunya “Ini anak apa cucu ? “.

Langsung senyum yang ada di wajahnya lenyap dan mulutnya menjadi “kacip” (cemberut berat). Dia menjawab “Cucu atau anak bukan urusanmu!” sambil berjalan pergi.

Hua..ha..ha..ini kisah nyata yang sangat lucu dan sekaligus biking miris dihati.

Mengapa di Indo anak gadis dilarang nggak boleh kawin pasangan yang beda usia terlalu jauh.
Emang beda berapa tahun yang dibilang jauh ? 5, 10, 20,30 ?

Seorang anak kecil masih kinyis kinyis esde kelas enam minta ijin pacaran sama emaknya dengan pacarnya yang es em a, beda umurnya sekitar 10 tahun.

“Nggak boleh !!” emaknya bersabda.

Si Gadis kecil membalas kata “Tapi mak, sepuluh tahun lagi nanti kalian tidak akan merasa aneh lagi”.

Benar sih bener Nak, tapi sebelum saat itu tiba, otak dikau masih ketinggalan di popok dikau, begitulah kebanyakan orang dewasa berpikir.

Ini curhat my dear prens, Ira, soal kenapa mau kawin dgn orang yg umurnya jauh beda..

Saya malah dulu bercita-cita kalau bisa kawin dgn lelaki yg umurnya 8-12 tahun lebih tua dari saya..

Alasannya karena dari hasil pengamatan dan hasil baca buku, cowok itu lambat matangnya (jangan protes ya hai para cowok) jadi kalau cari yg seumur bisa-bisa saya yang jadi emaknya dan bukan partnernya..

Memang ini tidak bisa dijadikan patokan dan main pukul rata sebab banyak juga cowok yg umurnya sesuai dgn kelakuannya hehehehe..

Dulu kurasa kalau kawin dgn orang yg lebih tua, maka secara emosional dan finansial (semoga) sudah mapan dan sudah bukan tipe tukang ngambek lagi, sudah lebih mau berembuk kalau bermasalah, dsbnya, dll, yg baik-baik deh.

Sampai sekarang saya masih percaya sebaiknya perempuan cari pasangannya yg lebih tua, paling tidak 4-5 tahun deh, biarsecara mental kurang lebih mereka sudah selevel :-)……”

Ini emang pengamatan yang bagus…
Apakah benar kalo kawin dengan lelaki “usia matang” doi akan lebih bisa mengemong dikau ?

Mungkin ya mungkin juga tidak, karena biasanya lelaki yang terlalu matang kadang punya keanehan dalam dirinya yang membuatnya nggak kawin kawin….he..he..he..

Demikian juga feremfuan yang usianya terlalu matang, bisa jadi doi orang yang penuh perhitungan punya expectation yang tinggi dari pasangannya.

Ibaratnya daging steak yang overcook alias keliwatan matang jadi alot dan nggak enak lagi dikunyah..hua…ha..ha…

Non Ira lagi :

Kalau beda umur anak dgn ortu kejauhan entar gap-nya gede juga.. maksudku cara berpikirnya bisa sangat senjang .. tidak harus pasti akan demikian tapi kemungkinan besar sangat mungkin terjadi.

Terus suamiku bilang, dia ngga mau punya anak lewat umur 40 karena kasian anaknya entar kalau dijemput disekolah trus temennya nanya: “itu opamu ya?” hehehe

Belum lagi kalau ketuaan tidak sanggup mengimbangi aktifitas anak,misalnya diajak main bola atau main sepeda atau lari-lari atau jadi kuda tunggang..
wah, bisa putus nafas kalau ketuaan πŸ˜€ πŸ˜€

Jadi walaupun kita nggak punya batasan yang jelas apa itu umur yang pas untuk menikah, yang jelas alam sudah menentukan bahwa menikah dibawah 30 tahun adalah yang terbaik.

Mengingat anak pertama yang lahir pada wanita usia diatas 30 punya resiko kecatatan yang lebih besar dan melahirkannyapun lebih sulit.

Memang, dengan kemajuan medis semua sudah bisa diatasi tetap jangalah mengenyampingkan kebijakan alam, jika dikau ingin punya anak pada usia muda, energi untuk merawat dan bermain dengan anakpun lebih banyak.

Jaman bini daku masih kuliah di Springfield, saban weekend selalu dijemput oleh prens nya pasangan Malay yang punya anak balita.

Anaknya cute dan kebetulan senang sama bermain dengan istri daku, begitulah alasannya.

Sebenarnya sih, mereka kelimpungan menghadapi si Kathy yang energinya luar biasa banyaknya untuk bermain, mereka sendiri usianya udah melewati jaman keemasan. πŸ™‚

Jadi selagi anaknya bermain bersama Haniswiti…

Mereka bisa bersantai duduk berdua atau tidur tiduran di padang rumput mengecas akinya yang sudah soak dipakai sepanjang minggu karena nasibnya nggak sebagus orang Indo yang punya 3 baby sitter untuk 1 anak..ha..ha..ha..

Saban kali sesudahnya mereka selalu ber thank you thank you atas kebaikan Haniswiti mau menemani anaknya bermain…he..he..he..

Jadi babysitter weekend, yah lumayanlah di traktir makan gratis dan emang Haniswiti senang sama anak anak…he..he..he..

So what do you think, how old is too old ?

Advertisements

129 responses to “Kawin Telat : How Old is TOO Old to Get Married ?

  1. dwhy said: om, kalo dari ilmu shio…jarak cowo cewe yg ideal itu kelipatan 4,jadi beda 4,8,12 dst.. cocok shio nya πŸ™‚

    Jika begitu gampangnya sih, nggak usah repot pacaran, asal yang beda usianya segitu langsung dikawinin aja…he..he..he..

  2. erm718 said: paling enak kalo dah overcook dapet pasangan yg sudah "paketan" jadi gak usah refot ngejer2 balita sambil bawa tongkat mbah… hua ha ha πŸ˜€

    Nggak ah, mana enak dapet daging overcooked juga, maunya lelaki tuwir itu tetap makan daging half done biar gampang ngunyahnya..hua..ha..ha..

  3. irma303 said: nahh betul itu :DDyah, dikau pnggemar fengshui kah? :Dyang gini2an kah ada hubungannya dgn fengshui.. ilmu keseimbangan .. cie, irma sok tau πŸ˜€

    Ha..ha..ha..ketemu teman sejalan pikiran ya..kalo fengshui gitu hebat kenapa orang Cina masih ada yang sembayangin bulan yang sudah ada bendera amerika ditancap disana…ha..ha..ha..

  4. eddyjp said: Jika begitu gampangnya sih, nggak usah repot pacaran, asal yang beda usianya segitu langsung dikawinin aja…he..he..he..

    jangan dong mbah.. kalau yg lewat Keanu Reeves ya boleh deh tapi kalau kayak Tukul.. aduh, saya ini sudah jelek kalau kawin dgn orang jelek juga, kans anakku utk dpt pasangan nanti tambah kecil jadinya.. kan dosa mbah πŸ˜€

  5. edselmum said: Tapi kalo menurut cerita ibu2 suami tuh tetep salah satu boy dirumah mau beda lebih tua bnayak juga ha…….ha..

    Begitulah kira kira, ngapain di rumah sendiri peran di luaran sana kudu tetap di sandang, cape lho Chien..he..he..he..kira kira begitulah cara berpikirnya :))

  6. eddyjp said: Ha..ha..ha..ketemu teman sejalan pikiran ya..kalo fengshui gitu hebat kenapa orang Cina masih ada yang sembayangin bulan yang sudah ada bendera amerika ditancap disana…ha..ha..ha..

    hahahahaha
    bulan cina lain dgn bulan bule πŸ˜€
    bulan cina kan selalu putih perak mulus.. ngga bopeng2 kayak bulanbule πŸ˜€

    mamaku masih sembahyang bulan πŸ˜€
    kita disuruh pasang bedak baru di altar, ktanya biar mukanya kinclong kayak bulan πŸ˜€

  7. eddyjp said: Ha..ha..ha..ketemu teman sejalan pikiran ya..kalo fengshui gitu hebat kenapa orang Cina masih ada yang sembayangin bulan yang sudah ada bendera amerika ditancap disana…ha..ha..ha..

    gak 100% bener πŸ™‚ buktinya suami manjane pol, sebenernya aku yg membiasakan manjain dia 😦 seiring wkt berjalan gak terasa udah 8 thn nikah tetep aja maunya lengket trs..
    aku pikir biasanya perempuan nikah lebih cepet dari lelaki, palagi kalo lelaki tsb udah sibuk sendiri ngejar karir kalo gak diingetin nikah, gak bakal nikah.

  8. eddyjp said: Sayang ya Ton…he..he.he..kalo nggak bisa jadi menantu boss :))

    Jadi menantu boss, tapi jadi kacung!
    Ngga usah ye.
    Jangan masuk ke lingkungan yang ruwet, mendingan lepas bebas.

  9. irma303 said: tapi kurasa semua orang punya kebutuhan dan keinginan yg berbeda jadi apa yg cocok utk saya mungkin tidak cocok utk org lain…

    Amin.
    Kalau banyak yang berpandangan seperti ini, dunia pergosipan jadi sepi.

  10. erm718 said: pak Tony, temen saya di SMA, cowok umur mid 30’s dapet istri yg jauh lebih tua krn anak si istri yg paling kecil sudah di SMA (saya gak tau brp beda umurnya), ya saya bilangnya enak gitu dong dapet sepaket jadi gak usah capek ngurusin dari bayi & terima jadi… he he!

    Kalau yang ini, aku jadi agak takut. Terlalu ekstreem beda umurnya. Takut chilaaaf salah masuk kamar.

  11. anitamessruther said: gak 100% bener πŸ™‚ buktinya suami manjane pol, sebenernya aku yg membiasakan manjain dia 😦 seiring wkt berjalan gak terasa udah 8 thn nikah tetep aja maunya lengket trs..

    He…he..he..nah, ini baru benar, sebenarnya itulah yang terjadi, lelaki jadi kaya bayi gede lagi karena dikolokin…he..he..he..kalo soal nggak kawin kawin karena kejar karir, ini agak jarang sebenarnya Nit, yang ada itu adalah takut kawin…he.he..he..malas nambah pekerjaan baru lagi.

  12. irma303 said: tapi ngga afdol juga kalau ngga merasakan pengalaman dikencingin anak mbah πŸ˜€ πŸ˜€

    Ha..ha..ha.itu sih tinggal minjem anak tetangga aja buat baptis pipis bayi :))

  13. irma303 said: jangan dong mbah.. kalau yg lewat Keanu Reeves ya boleh deh tapi kalau kayak Tukul.. aduh, saya ini sudah jelek kalau kawin dgn orang jelek juga, kans anakku utk dpt pasangan nanti tambah kecil jadinya.. kan dosa mbah πŸ˜€

    He.he..he..nggak jamin kalo kawin orang secakep Keanu, anaknya jadi cakep, ada orang cina kawin sama bule eh, anaknya tetap pesek dan sipit..ha..ha..ha..

  14. fadhilaharif said: Mending yang pas ajah lah Mbah.. Terlalu muda..jangan.. Terlalu tua..jangan.. Yang sedang sedang saaajaaa *vettyvera mode ON*

    Tossss….he..he..he.yang sedang sedang saja *sambil goyang dangdutan*

  15. eddyjp said: kalo soal nggak kawin kawin karena kejar karir, ini agak jarang sebenarnya Nit, yang ada itu adalah takut kawin…he.he..he..malas nambah pekerjaan baru lagi.

    nah tu dia, jd inget ada seorang temen pernah aku tanyain dulu, kenapa blm kawin2? ehh malah jawabannya kyk gini..mendingan punya pembantu drpd punya bini..nah lho..pikiran org beda2 ya? mgkn krn dia suka ngeliat atau mendengar klo kadang ada bini yg suka jd nyonya besar dirmh, jdnya trauma..kacau deh πŸ™‚

  16. anitamessruther said: mgkn krn dia suka ngeliat atau mendengar klo kadang ada bini yg suka jd nyonya besar dirmh, jdnya trauma..kacau deh πŸ™‚

    He..he..he..mungkin bukan itu saja, mungkin doi takut punya boss baru lagi di rumah…ha..ha..h.a.kan cape bok, di kantor ada boss gede, eh sampe di rumah ada boss lebih gede lagi :))

  17. anitamessruther said: mgkn krn dia suka ngeliat atau mendengar klo kadang ada bini yg suka jd nyonya besar dirmh, jdnya trauma..kacau deh πŸ™‚

    Seperti bintang film Bing Crosby kawin seumurnya selalu cerai, Kawin sama perempuan yang beda banyak malah beranak terus dan bisa langgeng sampai Bing Meninggal.

  18. ellytjan said: Seperti bintang film Bing Crosby kawin seumurnya selalu cerai, Kawin sama perempuan yang beda banyak malah beranak terus dan bisa langgeng sampai Bing Meninggal.

    Mungkin akhirnya ketemu sama wanita yang benar mau menerima dirinya apa adanya dan mencintainya Tan..

  19. ellytjan said: Seperti bintang film Bing Crosby kawin seumurnya selalu cerai, Kawin sama perempuan yang beda banyak malah beranak terus dan bisa langgeng sampai Bing Meninggal.

    topik yg rame nih….mbah.:). kata paman gue yg di HK:
    Cowok itu seperti "wine". Maka lama/tua umurnya makin….hebat tastenya…:)). gue pikir, bener juga, orang2 dulu (liat aja cerita2 di bible/alkitab lainnya) gaek2 masih gimana gitu πŸ˜›

  20. toliongto said: topik yg rame nih….mbah.:). kata paman gue yg di HK: Cowok itu seperti "wine". Maka lama/tua umurnya makin….hebat tastenya…:)). gue pikir, bener juga, orang2 dulu (liat aja cerita2 di bible/alkitab lainnya) gaek2 masih gimana gitu πŸ˜›

    Hua..ha..ha..mana bisa Andi, itu cuman cerita aja, rata rata udah Perjuangan Hidup …ha..ha..ha…

  21. toliongto said: topik yg rame nih….mbah.:). kata paman gue yg di HK: Cowok itu seperti "wine". Maka lama/tua umurnya makin….hebat tastenya…:)). gue pikir, bener juga, orang2 dulu (liat aja cerita2 di bible/alkitab lainnya) gaek2 masih gimana gitu πŸ˜›

    Mama sama papa ku beda 13 tahun.. and they live happily ever after till death do them apart kok πŸ™‚

    Tergantung orangnya deh om πŸ™‚

  22. toliongto said: topik yg rame nih….mbah.:). kata paman gue yg di HK: Cowok itu seperti "wine". Maka lama/tua umurnya makin….hebat tastenya…:)). gue pikir, bener juga, orang2 dulu (liat aja cerita2 di bible/alkitab lainnya) gaek2 masih gimana gitu πŸ˜›

    He..he..he..nggak ada yang bilang orang beda umur 10 tahun keatas nggak biking hepi everafter kok Han…he..he..he..cuman ada kemungkinan lelaki meninggal lebih cepat dari wanita :)).Hidup itu soal pilihan kok…he.he.he..

  23. toliongto said: topik yg rame nih….mbah.:). kata paman gue yg di HK: Cowok itu seperti "wine". Maka lama/tua umurnya makin….hebat tastenya…:)). gue pikir, bener juga, orang2 dulu (liat aja cerita2 di bible/alkitab lainnya) gaek2 masih gimana gitu πŸ˜›

    yang penting siap luar dalam ko hehehhee… umur "tua" tidak menjamin siap nikah nya πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s