Cinta Mati semangkok Soto Madura…….

Semangkok soto ayam Madura berkuah keruh nan enaks yang disuguhkan di depan daku maknanya lebih daripada sekedar makanan pengisi perut yang sedang menjerit kelaparan.

Bagi daku itu adalah bercampur antara kenikmatan dan kenangan yang indah.
Pertama kali daku menginjak kaki di Jakarta, barulah daku tau ada makanan yang namanya soto.

Maklum nggak maklum daku ini aseli anak Quntien. 🙂

Di Quntien, kalo makannya bukan chinese foot ( bukan salah ketik )..hi.hi.hi.., ya Nasi Campur ala Quntien, Nasi Kari ala Quntien, bakso ala Quntien, bakmi kepiting kebanggaan Quntien…he..he..he.

So mana ada kesempatan menikmati makanan jawa ndeso ini…hua..ha..ha..
Kebeneran karena tastenya cocok sama lidah daku, maka daku jadi keranjingan makan soto ayam..

Semua calon pacar selalu daku uji kecocokan dan kesetiaan lewat semangkok soto ayam di warung langganan daku…he..he..he..

Bagaimana bisa ?

Hm, kalo doi dengan pakaian rapi with/without make up mau duduk di kursi panjang nggak pake AC makan soto panas bercampur keringat dan debu jalanan, dan doi masih bisa tersenyum manis di samping daku, maka doi dianggap lulus dari ujian penting ini…he..he..he.

Mantap bukan ?

Ehm,… sejujurnya ya temans, urusannya nggak serunyam itu, urusannya cuman 1, makan soto di jaman itu masih murah.Di tahun 80an dengan uang 700 perak, dapatlah nasi sepiring dan soto ayam semangkok cukup mengenyangkan perut…hua..ha..ha…

IMAGE009

Kalo ngajak makannya ke resto itu cari gara gara namanya, bisa bisa di tengah atau akhir bulan daku tekor, makan indomie pagi siang dan malam karena bokek.
So kalo makan soto ayam, selain membagikan kesenangan bersama, harganyapun hemat pulak…hua..ha..ha..

Demikianlah,  semua feremfuan yang pernah daku pacari pastilah pernah nongkrong di warung langganan soto daku…hi..hi..hi…

Sekali daku makan di satu tempat, maka daku nggak pindah ke tempat lain lagi, itu menandakan bahwa daku ini orang yang sangat setia, terbukti sampe sekarang bini daku masih yang itu itu juga

Begitulah tahun tahunan daku saban sore selalu makan nasi soto di seberang tempat kos daku di depan pasar tradisional Grogol, Jakarta Barat.

Sangking udah hapal sama muka daku, maka begitu duduk cukup memberikan sandi rahasia “Biasa Bu !” maka otomatis yang disuguhkan akan selalu sama yaitu..

“Sotonya pake Ayam dada, tomat sekel yang merah agak kehijauan, kuah yang banyak nggak pake sok un, kentang apalagi kol ” kalo sampai salah, daku pulangin, sebab integredient tambahan tersebut merusak rasa aseli Soto yang daku dambakan . 🙂

Dan tak lupa pake koya or uya atau kuya.hi..hi..hi..who cares, campuran bawang putih dan kerupuk udang yang di tumbuk, daku minta ekstra, wangi sekali aromanya.

IMAGE003

Saat sedang koskap bedah mayat di Surabaya, selama 6 minggu, ibaratnya daku menemukan sorganya soto ayam …he..he..he…

Daku saban hari selalu makan di warung soto yang letaknya nggak jauh dari RS Dr. Sutomo, mana murah, enaksnya melebihi yang di Jakarta dan lebih murah

Jika ada kesempatan, daku mencoba warung soto lainnya,herannya hampir semua soto ayam di Surabaya rasanya sama,yaitu Enaks.

Kembali,

Sampai daku lulus kuliah kadang masih sering makan di langganan daku yang di Grogol itu, tapi belakangan tastenya udah berubah, mungkin karena ibu penjualnya pensiun dan digantikan oleh anaknya, jadi daku memutuskan tali cinta dengan warung itu.  🙂

Untungnya sekarang ini, daku menemukan warung nasi soto ayam yang letaknya sangat strategis dan romantis, dibawah pohon nan rindang di Jl Biak.
Oh ya,jangan coba mencari warung ini ya, sebab sudah tidak ada lagi karena kena larangan berjualan di kaki lima.

IMAGE001

Sebenarnya, warung soto ini cabang dari resto warung soto yang bagus di ujung jalan yang sama.
Tapi daku nggak afdol rasanya kalo nggak makan soto di kaki lima dengan resiko kena garuk Satpol PP karena nggak diperkenankan jualan disana.

Belon lagi, laler yang kadang sliweran di atas meja yang hinggap semaunya, namanya juga diatas got Kaki Lima..he.he..he..

IMAGE002

Tapi itu tidak menyurutkan cinta daku untuk tetap makan disitu, jika pas daku lewat disana.
Ibaratnya daku udah kena guna guna mas tukang soto..hua..ha..ha..

Menurut daku istilah kaki lima ini kurang tepat karena istilah ini pasti berkenaan lalat yang jelas berkaki enam, jadi seharusnya disebut sebagai Jajanan Kaki Enam..ha.ha.ha.

NB:
Terima kasih untuk kebaikan hati prens sekalian yang telah menakut nakuti daku ” Hati hati Ed !” tentang  keberadaan adanya aliens alias celana kolor di dalam dandang setiap kali ada dagangan makanan yang laris..he..he..he..
  

Daku udah cek prens, nggak ada tanda tandanya kok, ini lho buktinya..hi.hi..hi..

IMAGE004

Itu sih cuman HOAX dan persaingan bisnis yang FORNO dan tidak bertanggung jawab..ha.ha.ha.. 🙂
Advertisements

58 responses to “Cinta Mati semangkok Soto Madura…….

  1. hjosef said: bukan mbah, saya yang baca, trus cerita2 soal soto di surabaya heheheeh artinya apa mbah, masakan asin-asin itu?

    Hua..ha..ha..istri dikau itu cepat menangkap sinyal ya Sef, kalo doyan asin asin itu artinya minta tambah adek baru lagi tuh..hua..ha..ha.

  2. setiyono said: bener banget kalo makan soto emang plg enak yg di emperan jalan kalo di resto bagus kok rasanya kurang afdol ya mbah…. disini ga ada nih mknan pinggir jalan, jd kalo plg selalu serbu mknan2 kaki lima untuk memuaskan hasrat yang terpendam hihihi

    Ha..ha..ha..susah ya kalo kita ini kelasnya Kaki Limaan Nike…he..he..he..pasti ngiler kalo liat orang rame makan di emperan toko atau tepi jalan deh…hi..hi..hi…tossssssssssss

  3. setiyono said: bener banget kalo makan soto emang plg enak yg di emperan jalan kalo di resto bagus kok rasanya kurang afdol ya mbah…. disini ga ada nih mknan pinggir jalan, jd kalo plg selalu serbu mknan2 kaki lima untuk memuaskan hasrat yang terpendam hihihi

    Ed, wkt koskap bareng di surabaya, koq aku ga diajak makan di soto ayam yg enak itu?

  4. sefanya said: Ed, wkt koskap bareng di surabaya, koq aku ga diajak makan di soto ayam yg enak itu?

    He..he..he.masa sih, dikau nggak makan soto yang di depan kos kita waktu dulu itu ?

  5. sefanya said: Ed, wkt koskap bareng di surabaya, koq aku ga diajak makan di soto ayam yg enak itu?

    hehehe waktu disby , pernah nyoba makan soto ayam ambengan gak..??
    duh itu my fave deh, dulu dr warung pinggir jalan, saking enaknya bisa buka rumah makan..
    kuahnya wangi, belum lagi koyanya duh enaaakkk bangettt!!!
    tapi sebetulnya soto ayam disby , ndak yg kaki lima, gak yg ideran gerobak, ato yg mangkal sampe Rmakan, termasuk rasanya tidak mengecewakan hehehheh
    jgn kayak di bali ini, susaaaaaahhhhh cari soto ayam yg nyam nyam.. *sedih kali*

  6. pennygata said: hehehe waktu disby , pernah nyoba makan soto ayam ambengan gak..??duh itu my fave deh, dulu dr warung pinggir jalan, saking enaknya bisa buka rumah makan..

    Udah, maknyus emang tapi harganya lebih mahal daripada versi kaki lima.
    Oh ya, kabar buruk, warung yang daku poto diatas udah digusur..hiks, terpaksa makan di resto nya, pemilik yang sama, tapi tempatnya daku kurang suka….hiks.
    Di Bali nggak laku yah soto ayam Alie ? kok bisa yah ?

  7. eddyjp said: Udah, maknyus emang tapi harganya lebih mahal daripada versi kaki lima.Oh ya, kabar buruk, warung yang daku poto diatas udah digusur..hiks, terpaksa makan di resto nya, pemilik yang sama, tapi tempatnya daku kurang suka….hiks.Di Bali nggak laku yah soto ayam Alie ? kok bisa yah ?

    hihihih dulu aku makannya dr masih di warung sempit, alasnya tanah, dan temboknya sesek.. heheheh, setelah jd rumah makan gitu, harganya gila2an..hehhehe
    ada sih, namanya soto ayam malang, saduran dr soto lombok, koyanya bukan dr krupuk udang, bawang putih n kemiri, tapi pake kelapa sangrai, enak juga sih… rada gelap kuahnya, saking yg jual kagak butuh duit, benci sekali aku, suka tutup ndak jelas, kalo dia males dia tutup…heraaann, ada org cari duit caranya cem gitu.. ckckckckckc

  8. pennygata said: rada gelap kuahnya, saking yg jual kagak butuh duit, benci sekali aku, suka tutup ndak jelas, kalo dia males dia tutup…heraaann, ada org cari duit caranya cem gitu.. ckckckckckc

    Kedengarannya enak juga tuh Lie, nggak usah ini, tukang nasgor dekat praktek daku yang rame bangets alias enak, rasanya banyakan tutupnya daripada bukanya deh..ha.ha.ha..harusnya gitu kali ya, menikmati hidup :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s