Pencerahan : The Amazing Busway………

Kemaren sore daku terjebak macet total berjam jam saat berangkat praktek.
Saking betenya mata jadi terkantuk kantuk dan nggak sadar kejeduk di kaca jendela mobil "Dukkkk".

Tersadar sejenak mengusap jidat, memandang ke arah jalur busway yang kosong melompong di saat 2 jalur kendaraan yang numplek jadi satu terkunci, saling sodok tidak mau mengalah..

Tiba tiba saja, secercah sinar pencerahan menyinari otak daku yang usil ini…..
Suddenly, daku menyadari kesalahan daku selama ini telah mengeritik jalur busway dengan sengit selama ini..

Ramalan Mbah Dukun in 2008 : The Jakarta’s Most Ngekiin KetekWay….. sudah terbukti, dan itu tidak menjadi soal lagi karena semua orang juga tau bahwa busway itu biang keladi.
Tetapi pencerahan daku berkata lain, inilah dia….

1. Karena adanya jalur busway yang seringnya kosong melompong selama 24 jam sehari karna gagal menambah armada bus, berarti para penggagas program busway ini adalah pecinta lingkungan sejati yang luar biasa gigihnya ikut memerangi Global Warming…he..he.he..

Bayangkan saja, selama ini seluruh jalur jalan dipenuhi kendaraan dan toh macet total, asap pencemaran mengebul di seluruh jalan.

Sekarang dengan adanya busway ini, tersisa 1 jalur yang kosong, ibaratnya hutan, jalur busway adalah hutan lindung dibelantara kendaraan penjarah…he..he..he..

2. Jalur busway yang kosong secara tidak sengaja telah menyediakan lapangan bermain bagi anak jalanaan, pengamen, tukang minta minta, preman.

Sehingga bagi anak anak bisa main petak umpet, main bola atau sekedar tiduran di jalur busway untuk melepas kepenatan menunggu lampu merah menyala kembali dan mereka harus bekerja.

Sungguh jenius para founding fathers yang memikirkan hak bermain para anak jalanan ditengah kekurangan lahan bermain di jakarta yang sering dikeluhkan oleh para kuli tinta di koran maupun di tipi….he.he..he..

Buat para preman maupun ibu ibu bapak bapak yang menungguin anaknya ngamen bisa dengan santai bergosip ria, ngerokok sejenak atau membuat catatan akonting berapa pemasukan uang kerajinan anak anak, ide cemerlang…he..he.he..

3. Sejak ada busway pejalan kaki menjadi lebih disiplin menyebrangin jalan, nggak kayak dulu menyebrang serampangan tanpa bahaya mengancam dan tidak ada yang menegur, dan mungkin yang menegurpun sudah cape.

Sekarang, coba aja sembarangan menyebrang, apalagi memotong jalur busway, resikonya ya kepala pecah badan remuk ketabrak sama bus transjakarta yang mantan pembalap F one.

Ini benar benar ide cemerlang untuk menertibkan penyebrang jalan yang semau gue yang telah membumi daya di Jakarta…he..he..he..

4. Sejak ada busway, pengendara motor dan mobil menjadi kian cekatan, apalagi jika jalanan yang hanya menyisakan 1 atau 2 jalur saja untuk kendaraan umum karena 1 jalur besar terpakai oleh busway.

Ibaratnya, adanya busway ini seperti UN alias Ujian Nasional yang telah terbukti meningkatkan mutu para siswa Indonesia walapun dimusuhin banget karena disinyalir menyusahkan dan biking sentress anak anak seantero bumi pertiwi ini.

Semua sudah tau sama taulah bahwa banyak dari dikau sekalian ini, SIMnya boleh nembak alias dikau belon bisa nyopirpun udah punya SIM…hua..ha..ha.

Tapi itu dulu, sekarang daku yakin pemegang SIM adalah mantan pembalap yang sudah teruji sebelon dinyatakan lulus ujian SIM…he..he..he..

Buktinya sejak ada busway, kendaraan tak lagi bisa dipacu dengan kecepatan yang tinggi karena ngeri deh ngebut bersebelahan dengan kendaraan lain yang jaraknya sangat dekat, saking dekatnya dikau bisa buka jendela dan bergosip dengan prens dikau di mobil sebelah..hua..ha..ha..
Salah salah kedua mobil bisa saling menyerempet karena kurang hati hati….

Hebats memang, yang ahlinya menata kota Jakarta, semua sudah dipikirkan dengan sangat detail dan kemanusiaan…

5. Adanya busway telah meningkatkan kesadaran para pemilik kendaraan pribadi, semakin macet jalan dikarenakan busway orang semakin enggan sembarangan pergi pergi…
Atau mungkin syering mobil rame rame sehingga selain mengurangi emisi gas rumah kaca secara tidak langsung juga telah berperan dalam penghematan subsidi BBM, luar biasa…he..he..he..

Sejak ada busway telah menggalakkan banyak orang yang ikutan B2W alias Bike to Work, bersepeda sambil menghirup segarnya udara pagi Jakarta..he..he..he..

Semakin banyak orang B2W maka semakin segar udara jakarta, sementara ini pake masker anti teroris tentu lebih aman…ha..ha..ha.

6.Busway telah meningkatkan kesabaran manusia Jakarta dan lebih tertib untuk tetap berada di jalurnya karena nggak mungkin bisa pindah jalur lain saking sempitnya.

Ibaratnya orang menikah, jikalau dikau terkondisi nggak punya pilihan bercerai maka dikau akan lebih sabar dengan pasangan dikau…hua..ha..ha.

Paling yang nggak tahan ya semakin senewen, tapi so far nggak ada yang gila gara gara busway ini…he..he..he.

7. Sejak ada busway, pembangunan jalan di Jakarta berlangsung sangat giat, jalanan yang tadinya sempit, dilebarkan, trotoar yang masih lebar dikecilkan, ngapain pulak lebar lebar palingan ntar dipake buat jualan kaki lima…he..he..he.

Pohon pohon yang mengganggu jalur busway di pangkas, ditebang atau di relokasi, kurang apa coba ?

Kualitas jalanan terus ditingkatkan, terutama jalur busway, aspal yang sudah berlubang ditambal, masih kurang bagus, digali ulang kemudian di semen, disemen masih juga rusak, di gali lagi lalu di beton, kalo dibeton masih kurang kuat nanti diapain lagi ya..hua..ha..ha…soalnya daku perhatikan betonnya masih rusak dalam sekejap.

8.Sejak ada jalur busway, telah banyak menolong jika sedang musim banjir, secara jalur busway ditinggian ekstra untuk mencegah kendaraan lain mencuri pindah ke jalur busway yang kosong melompong.

Jadi mobil yang sedan yang pendek nggak perlu lagi mogok kelelep terendam air banjiran, itu kalo jalur buswaynya cukup tinggi.

9. Buat pengguna busway, jangalah mengeluh bus transjakarta tidak muncul setiap 5 menit, namanya sekarang ini krisis global, jadi perlu penghematan semaksimal mungkin, bus yang sudah ada dipergunakan sebaik baiknya sehingga efisein dan efektif.

So bersabar sajalah bila harus menunggu sejam baru mendapat pelayanan, liat saja sisi baiknya, naik bus itu biar lambat tapi selamat sampai di tujuan, nggak kayak naik pesawat cepat tapi bisa tiba tiba jatuh ketanah.

See, selalu ada hal yang positip untuk dikenang…he..he..he..

Mungkin setahun dua lagi bus akan ditambah, seapes apesnya 5 – 10 tahun lagi, atau lebih apes lagi nanti kondisinya ya kayak gini terus…hua..ha..ha..

Dah cukup 9 aja deh, soalnya itu adalah angka keberuntungan.

Mo tambahin sileh prens….
Terima kasih kepada founding father dan penerus program busway ini..he..he..he..
Maju terus pantang mundur…


Selamat ultah kota Jakarta ke 482…..

Semoga bertambah macet eh sejahtera bagi seluruh warganya di tangan ahlinya…he.he.he..

**Poto milik
Skycaper City

Advertisements

78 responses to “Pencerahan : The Amazing Busway………

  1. backyardplus544 said: Sabar Ed, sebentar lagi kalau triplet sudah selesai sekolah, kamu boleh pulang ke Quntien.

    Maksud dikau 10 tahun lagi Ton ?..he.he.he..mungkin pada saat itu keinginan daku udah lain lagi, pengen keliling dunia naik sepeda..ha..ha.ha..

  2. esereipi said: Mbah duk ud mau retired neh? mo balik Quntien?

    He…he..he..sekarang masih saatnya kerja keras Reg, mana mungkin bisa retired balik ke Quntien…he..he..he..kecuali udah ada busway di Quntien…ha..ha..ha.

  3. ellytjan said: Pindah rumah dekat kamar praktek Ed, supaya tidak kena mancet busway.

    Seharusnya begitu Tan, hanya saja daku belon berjodoh untuk tinggal di sekitar daerah praktek daku yang crowded itu..he.he.he..nggak tau nanti deh, selain istri kerjanya nggak jauh dari rumah, jadi itu yang daku prioritaskan…he..he..he…

  4. backyardplus544 said: Sering terjadi problem. Antara lain macet ditengah jalan. Penumpang di turunkan oleh pemadam kebakaran dengan tangga yang tinggi. Tahun yang lalu ada inisiatif untuk ditambah panjangnya. Terjadi demo pro dan kontra. Yang kontra lebih banyak.Yang beginian jangan di bangun di Jakarta.

    Hua..ha..ha.emang itulah yang mau dibangun di Jakarta Ton, dan karena powernya berasal dari PLN, dikau bisa bayangkan byar pet mati melulu, bisa seru tuh…he..he..he..serem amat ya, kudu diturunkan pake tangga bambu nanti..hi..hi..hi.

  5. backyardplus544 said: Pernah ngimpi ngga Ed? Andaikata kamu jadi empunya kuasa Jakarta, untuk mengatasi benang kusut lalu lintas ini, apa yang bisa dan perlu dilakukan? He..he.. Sekali kali boleh dong, berandai andai…

    Gampang kok Ton, daku bakal kerahkan polisi dan satpol pp untuk menjaga persimpangan lalulintas, yang melanggar ketertiban langsung tilang, yang terima sogokan pecat, semua lalin dipasang timernya biar keliatan berapa lama mapu merah dan hijaunya.
    Jakarta macet sering cuman masalah sepele aja kok Ton, jadi omong kosong soal kendaraan keliwatan banyak, yang bener itu lampu merah nggak dikelola dengan baik.
    Dan busway yang jalur jalannya kurang dari 4 jalur jalannya, HAPUSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS
    Oh ya, tambahan, kamtor pemerintah mulai masuk jam 5.30..hua.ha..ha..

  6. eddyjp said: Seharusnya begitu Tan, hanya saja daku belon berjodoh untuk tinggal di sekitar daerah praktek daku yang crowded itu..he.he.he

    Sabar dulu nanti ketemu yang anda inginkan.

  7. eddyjp said: Oh ya, tambahan, kamtor pemerintah mulai masuk jam 5.30..hua.ha..ha..

    Di sini pegawai kantor yang tidak melayani customer (back office) kebanyakan jam kerjanya flexible. Ada yang masuk jam 6 pagi, jam 7 pagi,….jam 9 pagi. Dengan demikian pulangnya juga tidak serentak. Ada juga yang kerja malam, terutama di bank untuk perkerjaan tertentu. Ada juga yang kerja dengan computer dari rumah. Dukun kebanyakan praktek di RS atau klinik dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

  8. eddyjp said: jadi omong kosong soal kendaraan keliwatan banyak

    Kebanyakan manusia Ed. Tandingannya cuman sama New York, LA, Bombay. Jadi ngaturnya susah. Ibaratnya orang tua yang sudah senin -kamis ekonominya dan anaknya segudang.

  9. eddyjp said: Dan busway yang jalur jalannya kurang dari 4 jalur jalannya, HAPUSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

    Sepertinya memang seharusnya di bikin yang jalur utama dulu. Dan dikelola dengan benar, sampai jalan dengan baik. Tetapi di tempat dimana busway mulai, harus ada tempat parkir. Orang yang tinggal agak jauh dari busway bisa naik mobil, parkir, kemudian naik busway. Disini sistimnya begitu walaupun untuk bis biasa.Parkir gratis, tapi resiko sendiri. Tempat parkirnya ada yang gedung empat lantai, ada juga yang cuman halaman gereja.

  10. lbillstein said: hidupppppp Tony…………………mestinya kamu diangkat jadi caleg, Ton…….:))

    Lin, saat ini kalau mau jadi caleg syaratnya harus gila dulu. Masalahnya mayoritas yang di sana orang gila/sinting/nekat/ngga tahu malu.
    Cilakanya mereka memandang orang waras sebagai orang gila.

    Mendingan nonton orang gila berantem, setuju? He..he..

  11. backyardplus544 said: Ada yang masuk jam 6 pagi, jam 7 pagi,….jam 9 pagi. Dengan demikian pulangnya juga tidak serentak. Ada juga yang kerja malam, terutama di bank untuk perkerjaan tertentu.

    Beberapa perusahaan asing disini sudah menggunakan masuk lebih awal dan pulang lebih cepat sejak lama Ton, cuman kantor pemerintah aja yang ndablek nggak mau masuk lebih dini, malahan anak sekolah yang dikorbankan..he..he..he..beraninya cuman sama anak anak :))

  12. backyardplus544 said: Kebanyakan manusia Ed. Tandingannya cuman sama New York, LA, Bombay. Jadi ngaturnya susah. Ibaratnya orang tua yang sudah senin -kamis ekonominya dan anaknya segudang.

    Sebenarnya orang Indo itu gampang diaturnya kalo peraturannya tegas dijalankan, nah ini UU cuman buat cari duit rapat aja, gilrannya keluar nggak dilaksanakan, terang aja berantakan :))

  13. backyardplus544 said: Disini sistimnya begitu walaupun untuk bis biasa.

    Inipun sudah pernah dibicarakan disini, cuman ya itu alasannya nggak ada lahan…he..he..he..jadi ya asal asalan aja, pokoknya busway ada dan menghasilkan pundi pundi uang buat yang terlibat didalamnya :))

  14. eddyjp said: orang pemerintah ogah dan maksa anak sekolah masuk lebih awal :((

    Keputusan yg diambil tanpa mikir, kalo mereka punya otak… pasti lebih ribet lagi…

    liburan ke mana Mbah?? O2 jgn lupa ya..

  15. eddyjp said: orang pemerintah ogah dan maksa anak sekolah masuk lebih awal :((

    Jakarta oh…Jakarta, pak Eddy, pak Eddy….,paling pinter bikin tulisan yg sarkastik begini. Pak, emang rencana pembuatan metro di Jkt, nggak jadi? Kaya’nya Jakarta udah butuh metro, paling nggak spt Sin, atau Thailand. Tapi di Bangkok, Paris juga sering macet, bikin senewen!! Tapi, bukan krn busway…,hihihihihihi

  16. nonragil said: Jakarta oh…Jakarta, pak Eddy, pak Eddy….,paling pinter bikin tulisan yg sarkastik begini. Pak, emang rencana pembuatan metro di Jkt, nggak jadi? Kaya’nya Jakarta udah butuh metro,

    Halaah.. Pak Eddy kita ini -mau komplen tapi gak mau ribet..jadi ngomelnya lewat tulisan!! Katanya lebih cinta Quntien, tapi mangkalnya di jakarta… hayoo gimana tuh mbah dukun…

  17. nonragil said: Jakarta oh…Jakarta, pak Eddy, pak Eddy….,paling pinter bikin tulisan yg sarkastik begini. Pak, emang rencana pembuatan metro di Jkt, nggak jadi? Kaya’nya Jakarta udah butuh metro, paling nggak spt Sin, atau Thailand. Tapi di Bangkok, Paris juga sering macet, bikin senewen!! Tapi, bukan krn busway…,hihihihihihi

    He..he..he..sudah ada Metro di Jakarta lho Helene….METRO TV..hua..ha.ha…

  18. hennymamaping said: Katanya lebih cinta Quntien, tapi mangkalnya di jakarta… hayoo gimana tuh mbah dukun…

    He..he..he..rupanya dikau lupa sama pepatahan Quntien ini…"Dikau nggak selalu bisa bersama dengan orang eh Quntien yang dikau cintai"..hua..ha..ha..

  19. hennymamaping said: Katanya lebih cinta Quntien, tapi mangkalnya di jakarta… hayoo gimana tuh mbah dukun…

    Waduh! Jakarta memang paling parah macetnya..
    Di negara2 Asia lain sudah ada MRT ya.. entah gimana Indonesia bisa punya seperti itu..

  20. myelisa said: Waduh! Jakarta memang paling parah macetnya..Di negara2 Asia lain sudah ada MRT ya.. entah gimana Indonesia bisa punya seperti itu..

    Sekarangpun sudah punya MRT, Massnya semua penumpang di jejelin di bus kota, kopaja maupun transjakarta alias busway, cuman Rapidnya sih itu relatif..he..he..he..di Indo, 1 jam baru sampe itu udah rapid banget untuk jarak tempuh rute yang terdekat..hua.ha..ha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s