Ikan Bawal Pua Cian Ce Suka Suka ala Dukun

May 31, ’09 3:37 PM
for everyone
Category: Meat & Seafood
Style: Chinese
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: Tergantung rakus nggak..he..he..he..
Description:
Namanya Pua Cian Ce itu istilah Quntien untuk Setengah Goreng Setengah
Rebus..he..he..he..emang gitu bahasanya sih :)).
Suka suka, karena asal di masak semaunya aja…he..he..he..
Ini salah satu menu yang sering nongol di meja makan daku, termasuk kesukaan daku tapi itu kalo daku yang masak sendiri.

Ingredients:
Modal dasarnya gampang kok..
-1 ekor ikan bawal hitam segar 0.5 kg an, jangan gede gede dagingnya keras
dan amis.

-Jahe sejempol jari dipotong tipis tipis.

-Cabe merah besar setengah buah, buang biji potong kotak.

-Daun bawang besar, sehelai, pilih yang muda or bagian dalamnya potong seukuran jempol tangan.

-Bawang putih banyaknya suka suka, dikeprek…he..he..he.

-Jamur hioko kering sebiji cukup, dikembangkan pake air panas, lalu tiriskan
dan potong tipis tipis. Mau pake jamur boleh, mao nggak terserah…he..he..he.

-Tepung kanji + air secukupnya

-Tak kalah penting wajan, sodekan, dan kompor yang apinya
puanas….he..he..he..

Directions:
Masaknya pun gampang makanya daku sebut Bawal Hitam Masak Suka Suka
.he..he..he..

1.Goreng ikan bawal nya dengan minyak yang panas yang agak banyak sampe agak
garing tapi nggak terlalu kering , lalu ditiriskan.

2. Masukkan minyak goreng baru, dikiiiiit aja ya, lalu masukkkan bawang
putih. kalo udah mulai berubah warnanya coklat masukkan jamur hioko dan jahe.
Sukur sukur punya kecap ikan, di kasih dikit supaya wangi hiokonya.

3. Sebentar kemudian masukkan daun bawang, cabe merah lalu ongseng ongseng bentar pake api besar sampe wanginya keluar, buru buru tuangin air panas, selagi mendidih masukkan kecap asin, garem dikit, mecin alias
racun…he..he..he

Oh ya, kecap asinnya jangan merek ABC ya atau yang bening, ntar udah
keasinan warnanya nggak keluar.

4. Siapkan tepung kanji yang sudah dicampur air dingin dikit, tuangkan dikit
dikit ke dalam wajan sambil diaduk aduk, kalo sekiranya udah mulai mengental sesuai selera, yang penting jangan kekentalan ya.

5. Nah, ada 2 versi penyajiannya….
Dikau bisa tuangkan kuah ini langsung ke piring berisi ikan bawal hitam yang
sudah garing dan langsung disantap, atau…

Ikan bawalnya dimasukkan kedalam wajan panas berisi kuah tadi, tunggu bentar
sampai mendidih lagi, lalu angkat dan sajikan.

Rasane ????..he..he..he..restoran sih lewat deh, mampirnya di warteg
disebelahnya…hua..ha..ha..

Advertisements

3 responses to “Ikan Bawal Pua Cian Ce Suka Suka ala Dukun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s