My Beloved Orange Jasmine….

Photo Album My Beloved Orange Jasmine…. Sep 27, ’08 1:48 PM
for everyone
Di depan rumah daku berjejeran 4 pohon bunga putih yang nama bule latino nya Murraya paniculata.Bunganya termasuk besar, sudah 3 tahun daku menanam cangkokannya, beli di tukang tanaman, asal asalan aja…he..he.he..Kalo sedang musim berbunga, wah, 1 pohon putih semua sama bunganya dan wanginya bok sampai ke kayangan langit 7 alias rumah daku..he..he.he..Tadinya, kemuning dengan bunga yang besar ini udah mau dicabut dan diganti dengan tanaman kemuning jenis lainnya yang ditanam di rumah daku yang lama, yang bunganya lebih kecil, tapi sekali berbunga, wah putih sepohon semua.

Sudah beberapa kali coba di tanam cangkokannya di rumah yang sekarang tapi nggak mau tumbuh tuh…he.he.he..
Rupanya penunggu rumah itu tidak suka bunga versi kecil ini.

Linda juga menanam bunga ini di Sidney yang di pejeng di MPnya disini**
http://lbillstein.multiply.com/photos/album/115/Murraya_Murraya_Paniculata

Untungnya setelah tahun berlalu, bunganya nggak kalah hebohnya, kalo berguguran tanah selaksa tertutup salju…he..he..he..
Maklum deh, orang kampung kaya daku kan belon pernah liat salju beneran :))

Kemuning dinamakan Orange Jasmine sama si bule karena tanaman ini memiliki bentuk bunga seperti bunga melati.
Maklumlah bule suka bingungan kalo menyangkut mandi kembang bunga 7 rupa ..ha..ha.ha.

Menurut hikayatnya dari Indo, bunga kemuning itu berasal dari tubuhnya putri Kuning, cinderella versi melayu cuman apes terbunuh oleh saudari saudarinya.

Putri bungsu kesayangan seorang raja yang sangat baik hati dan suka menolong, tapi disirikin sama 10..eh 7…eh 8 kakak kakaknya yang sirik, iri dan dengki..he.he..he..sayang belon dibikin sintronnya, someday maybe. :))

Heran ya, kata sahibul hikayat ada 10 dan 7 tapi daku hitung ada 8..he..he..he..coba deh cek di Hikayat Bunga Kemuning

Dan ternyata bunga ini punya kasiat untok menyembuhkan kanser payudara..
Universiti Sains Malaysia berjaye menemukan ubat ini…he.he.he..pengen tau ? liat di sini*

Di tanah air, kemuning sejak lama telah digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai obat, mulai dari untuk obat untuk bermacam penyakit, dikau bisa liat disini*

Buat daku sih, wanginya itu lho, sungguh relaxing dan membuat maling takut karena mau masuk rumahnya mbah dukun pikir pikir 1000 kali…he..he..he..
Pasti santetnya kuat sekali..
Kalo santet gagal masih ada jurus jarum 1000..hua.ha..ha..

Begitu menawannya sampai A. Riyanto menuliskan lagu yang indah ini…

Musim berbunga tiba..
  

Kuntum masih menguncup..
  

Kuntum belum mekar..
  

IMAGE001

Lebah berdatangan..
  

Princess Koneng and Bees..
 4 Comments 

Ada gula ada lebah..
 2 Comments 

Icip icip…
 2 Comments 

Bunga bersemi..
  

pagi yang wangi…
 2 Comments 

Silih berganti..
 12 Comments 

sepanjang halaman..
 2 Comments 

IMAGE013

Mekar memutih..
  

IMAGE016

Bermekaran..
  

IMAGE014

Sempurna…
 4 Comments 

Putri berdesakan…
 6 Comments 

Suasana sepi…
  

bermandi cahaya mentari..
  

pucuk pucuk..
  

Mahkota setengah rontok..
  

Setelah rontok bunga..
  

Magnificient..
 3 Comments 

Buah kemuning di rumah
 5 Comments 

Pohon daku
  

Kemuning tetangga
  

Pohon tetangga..
  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s