“Bu Sumbo” : Obat Mujarab anak menangis tak berhenti..

Apa yang akan dilakukan orang tua jika seorang anak bayi mendadak menangis nggak mau berhenti ?

Suatu ketika anakku si Kakak, berumur 6 bulan, setiap sore doi menangis dari jam 6 sampai jam 7 baru kelar, duh sedihnya mendengar tangisan doi yang sambung menyambung sampai suaranya jadi serak.

Ini pernah dialami juga keponakan dari sisi istri saat masih bayi…
Semua cara sudah dilakukan termasuk nyanyi nina bobok tetapi tidak membawa hasil, si baby tetap setia dengan tangisnya.

Tak jarang emaknya ikutan nangis juga jadinya apalagi itu anak pertama :}

Nah, about jin dan setan sejenisnya itulah yang sering kali diduga menjadi biang keladi penyebab anak anak mendadak menangis heboh terutama jika nangisnya selepas magrib…he..he..he..

Daku rada heran juga ya, kenapa lepas magrib merupakan tanda bahwa keluarga para jin sekalian bangun dari tidurnya dan mengganggu anak anak,emangnya entu jin nggak ada kerja lain, misalnya main smartphone  atau FB..he..he..he..

Bila sang emak udah kewalahan, inilah saatnya yang tepat meminta bantuan Orang Pinter.

Emak mertua daku yang tinggal di Quntien langsung meminta anak perempuannya which is istri daku alias emaknya anak anak untuk segera menghubungi Tantenya yang tinggal di kawasan Little Quntien

Jika dikau tinggal di Jakarta dan kebetulan ada di kawasan Little Quntien, maka dikau familiar dengan berbagai pertolongan sepesial untuk anak rewel seperti itu, karena disitu banyak tinggal Orang Pinter.

Apakah artinya yang datang ke orang pinter itu orang Kurang Pinter yah ?…ha.ha.ha.

Rupanya si tante kenal dengan seorang pak haji yang konon mandraguna dan ahli dalam menenangkan anak yang sedang kalap menangis.

Cukup bawa botol air Aqua lalu akan dibaca was wes wos, nanti sampai di rumah di oleskan dan di minumkan, di jamin manjur (katanya) konon itu sudah terbukti dengan keponakan yang daku sebutkan diatas 🙂

Pak Haji spesialis anak menangis seperti ini pernah berobat ke daku, dan daku pesan sama doi, itu botol Aqua nggak usah dibuka tutupnya buat ditiup tiup “Itu nggak higienis pak Haji”…ha.ha.ha.

Jika kurang sreg, bisa juga ke dukun tathung yang akan diberi  jimat Hu, sejenis kertas kuning yang ada tulisan cinanya  dari dukun cina yang sedang dirasuki roh para dewa.

Nah kertas Hu ini bisa disimpan sebagai pelindung makhluk halus atau kertas itu dibakar dan diseduh air dijamin manjur (katanya).

Chinese-Vampires1
 image belongs to here

Dikau yang pernah nonton filem Vampire Cina pasti pernah liat jika Hu ini ditempelkan ke jidat sang hantu, maka doi menjadi memble tak berdaya…he.he.he.

Pokoknya di saat saat genting ini, nggak ada yang mempermasalahkan siapa maupun agama apalagi kompetensi sang penolong, asalkan itu bisa biking anak berhenti menangis, maka itu SAH dan HALAL..ha.ha.ha.

Sayangnya maksud yang baik dari emak mertua tidak dapat terlaksana..

Memang payah punya menantu seorang dokter yang nggak punya perasaan, masak anak nangis dibiarkan aja, dan bilang “Nggak apa apa, itu Kolik ntar juga akan biasa lagi” babe macam apa pulak itu ?..he.he.he

Jaman koko daku masih kecil dulu, bila menangis tak berhenti dianjurkan untuk mencari pertolongan ke Po-ie ( tante Po), seorang encim encim dukun cina yang ahli Bu sumbo.

Artinya Bu itu Semprot dan Sumbo = Sembur, jadi kalo dalam bahasa Madura, Bur Sembur  ?? jangan cari di kamus besar bahasa Indo yah..ha.ha.ha..

Lho apa hubungannya kok tiba tiba bahasa Madura terlibat dalam urusan ini ? sabar, yu will fainaut later 🙂

Po Ie akan mengunyah kapur sirih sampai merah sambil komat kamit lalu menyemburkannya ke jidat si anak, lengkap sama ludah ludahnya doi “Puah…”..hi..hi..hi..

Nah, dikau sekalian sudah pernah belajar IPA jaman SD dulu tentu ingat, salah satu sifat air adalah mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, so mengikuti dalil itu maka semburan ludah dari mulut Po Ie juga tak dapat melawan hukum alam itu…hi..hi..hi…

Begitu mengalir maka Po Ie akan menunjuk ke ludah saktinya itu dan  berkata dalam bahasa Quntien yang terjemahan bebasnya kira kira begini :“Aa..aa liat a itu ala setan nya yang gangguin anakmu, setan melayu”

Eits, bukan mentang mentang doi orang cina Quntien, lantas jadi rasialis juga dalam urusan persetanan…he..he..he.

Tetapi  kebetulan dekat rumah oma daku memang ada kuburan muslim pribumi, maka doi dengan enak saja menuduh itu adalah setan melayu..he..he..he….

Daku yakin jika doi berpraktek dekat kuburan engkong daku, maka doi akan bilang itu setan cina…ha..ha..ha..

Emak daku saat itu protes ” Mana Po Ie, nggak liat apa apa kok ??!! “ langsung dipelototin Po-ie dan diancam bahwa anaknya nggak akan ditolong..he..he..he..

Well, karena tidak ada kesepahaman,  Koko daku langsung dibawa pulang dan sejak itu kesaktian Po-ie nggak pernah digunakan lagi karena juga nggak mempan..he..he..he..

Untung emaks daku nggak percaya sejak awal, datangnya juga karena dipaksa sama Ama (oma).

Emak daku paling suka mendongengkan kisah nyata yang di turun temurunkan dari my Great Great Grandma, yang sekarang daku turunkan kepada dikau sekalian my Great Greatprens :).

Sekali waktu, ada seorang anak,  yang tak boleh daku sebutkan jati dirinya karena melanggar privacy, yang jelas itu bukan daku yah..he.he.he..yang kalo menangis berjam jam nggak mau berhenti, anytime anywhrere terutama jika ingin sesuatu nggak dipenuhin segera…

Segala cara sudah dicoba, dukun cina udah, hanya mempan sehari, besok kumat lagi.
Besoknya nangis dibawa ke pak haji paling juga mempan paling sehari saja.

Suatu hari doi sedang kumat nangis selama jam jam-an seperti iklan batere Energizer “yang terus dan terus dan terus”, sang emaks sudah kehabisan akal deh…

Di saat saat genting itu, lewatlah seorang ibu tua Madura yang sedang menenteng belanjaan dan memperhatikan sang anak nangis nggak ada juntrungannya..

Lantas tiba tiba doi mendatangi si anak, mengangkat sarungnya tinggi tinggi dan melangkahi badan sang  anak yang sedang menguling guling di lantai lalu menurunkan sarung ajaibnya sambil mengangkangi seluruh badan dan wajah sang anak…”Hoppp”..sambil goyang goyang sarungnya.

Eh ajaib, sang anak langsung tersentak tersepona dan behenti menangis dalam sekejab.
Tak itu saja, konon sejak kejadian itu sang anak menghentikan kebiasaan tangisan yang menyiksa batin emaknya dan tumbuah menjadi anak yang sehat dan berbakti kepada orang tua dan nusa bangsa…hua..ha..ha..

Sampai sekarang itu menjadi misteri, kekuatan apa didalam sarung sang mbok madura yang begitu berkuasa mengusir segala setan jin dari segala suku ras dan agama…he..he..he…

Tetapi ingat yah jikalau suatu kali nanti dikau nekads ingin meniru jurus maut ini..
Sebab dalam setiap percobaan, ada 2 sisi koin, jika sisi sukses sih tak jadi masalah.
Kalo gagal ?

Well,  secara psikologis, mental anak sekarang belum tentu sekuat anak jaman dulu, daku kuatir ntar malahan anak dikau bisa kena Post Traumatic Syndrome seperti tentara Amrik yang baru pulang dari perang Irak.

Doi menjadi ketakutan  setiap kali ada melihat sarung atau sapu ijuk hitam …ha..ha..ha…
Itu pasti susah mencari penangkalnya nanti 🙂 🙂 🙂

Advertisements

10 responses to ““Bu Sumbo” : Obat Mujarab anak menangis tak berhenti..

  1. si mbah kan pinteeer, berguna buat bangsa dan negara juga. aku jd curiga nih …. jangan-jangan …… hihihihihi …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s