Inilah Upacara Minum Teh Termahal Sedunia……

Waktu daku masih kecil suka mengintil emak belanja ke pasar yang letak tak jauh dari rumah, rencananya mau nememin emak.

Tetapi sampai didepan pasar kaget itu daku malah kepincut sama rumah berhiasan kain merah diatas pintu depannya, menandakan yang punyanya ada hajatan besar, biasanya pernikahan.

Pas saat itu ada sepasang penganten yang sedang beraksi menyuguhkan teh untuk Tetuah alias orang yang dituakan, biasanya opa oma om tante ortu dan sepupuan yang sudah menikah tentunya, yang single dicoret dari acara itu, pamali.

Namanya anak kecil di kampung Quntien,  jarang jarang ada hiburan, nggak heran daku ngotot mau  menonton penganten saja daripada ikut emak kelilingan pasar.

So daku ditinggal sendirian didepan pintu rumah itu, dan emak janji akan segera kembali menjemput daku pulang jika doi udah kelar belanja.

Daku tidak keberatan ditinggal sendirian, dan asik larut memperhatikan setiap kali si penganten beraksi menyuguhkan teh dan diminum oleh orang tua didepannya, pengantennya akan dapat entah itu angpao atau cincin, gelang, kalung emas.

Wouw, Sungguh mempesona…

Saat emak kembali menjemput daku, dengan riang gembira daku berkata kepada emak “Wah pengantennya hebats cari duitnya Mak, sekali suguhin teh dapat angpaonya dan hadiah banyak bangets !”
Emak daku cuman ketawa saja.

Sejak saat itu daku bercita cita menjadi penganten profesional yang sukses, biar dapat angpao yang banyak, maklum waktu masih kecil, mau minta uang jajan susahnya bukan kepalang.

Tapi untungnya, cita cita menjadi penganten yang sukses hilang dengan berjalannya waktu, so far daku baru kawin sekali saja..ha.ha.ha..

Secara teoritis semakin sering jadi penganten tentu dapat angpaonya makin banyak bukan ?

Pasti pada udah  tau dong Upacara  minum teh ala jepang Cha No Yu yang katanya demonstrate respect through grace and good etiquette,yang mula mula dibawa dari Cina dan berkembang disana, kalo versi daku artinya abis minum teh Ocha dikau bakalan feeling well, yang penting ocha-nya harus habis dikau teguk sebagai penghormatan kepada tuan rumah.

Nah, Upacara Minum Teh Penganten Cina, salah satunya di Quntien diberi nama Cha Si Yu, literally berarti abis minum teh You bakalan Pua Si alias setengah mati, ini istilah cuman karangan  daku saja..ha.ha.ha.

Acara minum teh ini dikenal dengan nama Khang Teh alias Upacara Mempersembahkan Teh sebagai penghormatan kepada orang tua dan sanak famili dan orang yang sudah berjasa dimata pengantin, kalo di Jakarta dinamakan Teh Pai.

Bedanya Chanoyu dan Chasiyu adalah NILAInya, karena Chasiyu bisa juga dianggap sebagai Upacara Menyuguhkan Teh Paling Mahal sedunia makanya daku bilang Pua Si…ha.ha.ha.

Makanya Upacara Khang Teh Tiociu Quntien suka disebut sebagai Khong Kha Mak, artinya pentung mata kaki.

Mengapa demikian ?

Coba sekarang, dikau pergi ke gudang, cari palu besi, lalu duduk didepan kaca, lalu pentunglah mata kaki dikau, yang sebelah manapun boleh sekuatnya, liat apa ekspresi dikau di kaca ? 🙂 🙂 🙂

Apa yang dirasa ? Sakit ? Bagus, mungkin begitulah perasaan para Tetuah yang mengikuti acara Chasiyu ini..ha.ha.ha..
Begitulah becandaannya, sekali dikau pentung mata kaki oleh penganten, dikau kesakitan gak bisa berjalan lagi..ha.ha.ha.

Bayangkan saja, hanya menyuguhkan secangkir kecil yang tak penuh isinya, palingan 2 tiga tegukan kecil, mau habis mau nggak no body cares, yang penting dikau harus membayarnya dengan angpao yang besar jika tak mau menggunakan emas berlian.

Walaupun becanda terasa sarkstik terpincang pincang karena Khong Kha Mak para Tetuah justru bangga dan berbahagia diundang  turut dalam acara ini  untuk menunjukkan perhatian, kasih sayang kepada pasangan penganten yang biasanya adalah keponakan, anak, cucunya sebagai sebuah keluarga besar yang memiliki saling keterikatan.

Buat dikau yang bukan orang Quntien, lebih apes lagi bukan orang cina, mungkin  belum tau begimana prosedurnya..ha.ha.ha..

Begini Standart Procudure-nya :

1.Tamu yang akan diberi penghormatan disediakan 2 kursi yang berhadapan
dengan Preman eh penganten yang berdiri..hi.hi.hi..

2. Penganten memberi hormat kepada Tetuah dengan bersoya sambil beridiri atau bisa juga penganten berlutut jika itu Opa Omanya atau bahkan Great Opa Omanya tergantung versinya tapi ingat yah, nggak ada yang pake salaman dan atau cium
tangan ya..ha.ha.ha..

3.Penganten menyuguhkan teh  yang telah ditaruh dalam nampan lalu diberi  aba aba oleh mak comblang  tradisional atau petugas EO alias Event Organizer yang modern.

4.Tetuah dipersilahkan meminum tehnya.

5. Penganten dengan senyum manis menerima cangkirnya dan menodong Tetuah dengan pestol untuk memberikan hadiah atas kebaikan hati mereka telah menyuguhkan teh manis kepadanya ..ha.ha.ha..

Nah, kadang Tetuah memberikan wejangan pendek tentang pernikahan lalu angpao, cincin, gelang, kalung diberikan kepada penganten yang langsung dipakein ke entah penganten lelaki dan atau perempuan LIVE dibawah shootingan kamera untuk dokumentasi or else ???..ha.ha.ha..

So jika dikau  bermaksud untuk narsis membacakan puisi atas kebaikan penganten kasih minum teh it’s not an option ! Ini bukan acara pembacaan puisi, kalo mo narsis di FB aja..ha.ha.ha..

At least bawalah angpao seribu perak 10 lembar supaya dikau bisa beraction dengan pedenya dibawah cahaya kamera video…ha.ha.ha..

Just kidding ya, benernya tidak ada batasan mau seberapa kasihnya atau kasih apa, serelanya saja, hanya saja sering orang gengsi dan menjadikannya sebagai ajang pamer kekayaan sebagai eksesnya, akibatnya Pua Si..ha.ha.ha..salah sendiri.

(Ini contoh video boleh pinjem dari Youtube)

Nah suatu kali daku mendapat  kehormatan menghadiri acara teh pai ini yang dihadiri oleh kerabat dekat.

Setelah menunggu penganten yang telat balik dari gereja, akhirnya acaranya mulai juga.Sambil menunggu giliran, daku memperhatikan cara teh disuguhkan, tampak gelasnya ada 4, sekali disuguhkan 2 buah, sisanya dicuci.

Tapi daku perhatikan lagi, kok kedua gelas yang akan dicuci itu tidak bergerak dari lokasi, alias tidak ada petugas yang membawanya kedapur untuk dicuci ulang baru dipakai lagi.

Segera daku mendekat ke lokasi gelas di suguh ulang.

Daku menemukan seorang petugas EO yang perempuan muda yang sedang asik menuang sisa teh ke sebuah baskom kecil, kemudian mencuci ulang gelas itu dibaskom kecil lainnya  kemudian mengelap ulang gelas mungil itu dengan tissue gulung.

What ??!!

I can’t help my self to start this stupid conversation dengan doi :
“Kok gak dicuci ulang di dapur aja pake sabun ?” daku.
“Gak keburu Ko, kelamaan”
“Tapi ini kan nggak higienis”
“Ini kan udah dilap pake tissue kok ” si mbak sambil menatap daku seolah daku ini orang aneh.

Dikau yang kenal daku akan bisa membayangkan raut muka daku deh mendengar ucapannya…ha.ha.ha..
Ohoho, doi belon tau dengan siapa doi berhadapan. 🙂

Merasa percuma saja meneruskan tukar kata, daku langsung kedapur menemui Ortu sang penganten.
“Sis, itu cangkir teh yang disuguhkan cuman dibilas dan dilap tissue doangan, daku ogah ya minum pake itu !” tanpa sungkan sungkan…ha.ha.ha..

Yakinlah, daku jika terpaksapun  tidak akan menyentuh cangkir teh itu, bisa dibayangkan  adegan Tetua menolak minum teh dibawah sorotan lampu kamera video sama sekali tidak indah bukan ?. 🙂 🙂 🙂

‘Udah tenang, nanti Ai kasih gelas spesial buat dikau ” si emak penganten meyakinkan daku.

Semakin dekat dengan giliran..
Seorang lagi, gilirannya daku “Sis, mana cangkir buat daku ?”
“Tenang Ed, itu lagi di cuci didapur ”

Akhirnya  nama daku dipanggil, “Nih, buat You spesial pake cawan sloki ” si emak penganten sambil memperlihatkan sepasang wine glass kaca yang mungil.

“Mau diisi pake Brandi sekalian Ed ? kebetulan tak jauh dari meja makan ada 2 botol minuman arak bule, hm Red Wine aja kalo boleh ?!..ha.ha.ha..

Akhirnya daku bisa  menjalani acara Khang Teh dengan hati tenang, cuman si penganten perempuan sempat keheranan kok gelas buat daku lain sendir bukan cawan porselini…ha.ha.ha..

Kenapa daku segitu ributnya buat urusan sepele ini ?
Well, di acara ini daku termasuk Tetuah yang paling muda, jadi dapat giliran terakhir dari sekire 20 orang.

Apakah daku bersedia menyicipi bekas 20 orang ??? OGAH !…ha.ha.ha.ha..

Oh ya, buat dikau sekalian yang sedang mencibir daku dalam hati selagi membaca dongengan ini, save your bibirs Guys.

Jangan jangan dikau pernah mengalami hal yang lebih buruk dari daku tanpa menyadarinya, secara belon lama ini daku menonton di You Tube ada hidden camera yang dipasang di hotel hotel berbintang diluar negeri, yang mungkin sama saja di republik banjir ini.

Coba nonton deh disini ..

ATLANTA –  Several hotels are in hot water with city health officials after
a hidden camera investigation showed drinking glasses in guest rooms were
not being properly cleaned.

“Basically what they are doing is using glass cleaner to spray the glass,
wipe them out and put them back,” Randy Searles, a former manager at the
hotel who go fired for an unrelated issue, told MyFoxAtlanta’s I-Team.

The I-Team’s footage shows a hotel employee putting a glass in the dirty
sink, spraying it with a blue liquid that on the outside reads, ‘ do not
drink,’ rinses it off, dries it and then put’s it back.

Similar practices were caught on tape at several other hotels, who later got
a written warning from city health officials.

The hotels, who did not ask to see the tapes and declined to appear on
camera, denied the allegations or refused to comment.

Jadi jelas minum yang sering disuguhkan di sana, ternyata tidak pernah dibawa ke dapur hotel untuk dicuci dengan properly.

Tetapi petugas room service, cuman membilas ulang gelas itu dan mengelap kering kemudian menelungkupkannya ketempat semula, lebih parahnya lagi, gelas itu disemprot dengan cairan kimia buat kaca, biar kinclong..ha.ha.ha.

Lebih parahnya lagi, ada petugas yang memakai sarung tangan yang habis membersihkan toilet kemudian membersihkan gelas bahkan mengelapnya dengan towel bekas….ha.ha.ha..

Walau ini Published November 08, 2007 oleh FoxNews.com rasanya ada  kemungkinan besar kejadian ini masih terus berlangsung sampai kini.

Selain berpotensi ketularan berbagai penyakit termasuk Herpes Kelamin dari gelas bekas minum penderitanya yang tidak dikau kenal, maka jangan heran. 🙂
Kenapa Herpes kelamin kok bisa ke mulut ??!!..hua.ha..ha..

Sekarang jadi mikir kan ? Rasain berani ketawain daku..ha.ha.ha..

Advertisements

37 responses to “Inilah Upacara Minum Teh Termahal Sedunia……

  1. Emang selalu curiga sama segala gelas dan cangkir di hotel, selalu cuci ulang sebelum dipakai, paling tidak disiram air panas (eh ini mah sebenarnya ngga ngefek yah?).

  2. iya ku kalu ke hotel suka cuci sendiri itu gelas dengan air panas aja disitu.. udah pernah dibahas di empi dulu juga itu.. bete kan abis cuci toilet terus cuci gelas.. amitamit..
    ga ada yang bingung gitu gelasnya lain sendiri saat manten “saweran” gelas? mao dah kalu sajikan teh aja dapat gelang kalung duit.. [ngimpi jadi penganten quentin]

    • Jadi di jawa timur alias surabaya namanya cin ciu ya, artinya sama ? wah pake fanta, kalo oma oma dikasih fanta bisa keselek tuh..ha.ha.ha

      • Oh gitu yah, daku juga baru tau sebaliknya, nampaknya tionghoa peranakan di “jawa” memiliki adat istiadat yang berbeda dengan di daerah lainnya di Indo dan daratan cina 🙂

      • Iya beda2, mungkin antara jawa barat-tengah-timur juga ada bedanya dikit
        Adatnya mungkin ditambah2in sendiri sama kebiasaannya masyarakat lokal ya heheheh

      • Iya Huen, daku justru rada surprised kok pakenya fanta, coba bayangkan saja adat teh pai ini sudah ada ribuan tahun, rasanya dulu nggak ada fanta kan ? kalo disini ratusan tahun deh, emang dulu ada fanta ?.Belum kan ? terus pake apa dong ? kopi ?..ha.ha.ha..

      • Mungkin yg bener pake ciu, kan namanya kalo di jawa timur sini cinciu hehehe
        Tapi kenapa juga ya kalo ambil warna merahnya ga ada yg pake es sirup 😀

      • Masuk akal juga ya Huen, mungkin yang di Jawa Timur itu masih turunannya ahli kungfu…ha.ha.ha.minumnya arak putih..ha.ha.ha.

  3. Waktu aku jadi penganten dulu tadinya nggak mau pake teh pai begini. Tapi demi meningkatkan jumlah angpaw akhirnya pake juga…. apalagi keluarga babeh lumayan banyak tua-tuanya… 😀

    Btw ini postingan diedit beberapa kali ya… soalnya di reader jadi berjejer banyak tuh…

    • Ha..ha.ha..kenapa gak mau pake teh pai mula mulanya Nov ? rugi amat, ini satu satunya cara orang mengembalikan kebaikan ortu dikau selama ini 🙂
      Oh ya, emang daku edit beberapa kali, emang setiap kali edit bakalan muncul sebagai baru di Reader tya ? *bingung*

      • kata tua-tua, sebelum teh pai itu kudu sembayang dulu di depan altarnya MIL dan PIL. Aku sama babeh kan nggak mau pake sembayangan gitu. Tapi akhirnya jadi nggak sembayang pake hio segala, cuma pai doang.

        Iya, Pak.. kalo di edit itu memang jadi muncul lagi baru. Tapi kalo dibuka satu-satu juga tetep aja yang keluar mah sama (hasil editan terakhir). Itu salah satu yang ngeselin dari wordpress.

      • Wah keluarga dikau masih totok bangets yah, di Quntien aja gak gitu gitu amat consider orang Quntien itu kelentengers sejati. Jadi acara Kang teh, ya cuman seremoni biasa saja, kalo ada yang meninggal mis opa, ya tinggal dikasih kain merah di kursi disamping Oma yang ikut acara teh pai

      • Wah ini mirip sama MP jaman dulu sekali yah, asal di edit muncul sebagai baru, wadoh gimana nih, daku kan demen kutak katik postingan lama kadang edit kata kadang ganti judul tergantung mood, dikiranya daku narsis kali…ha.ha.ha..cilaka.

      • Ha..ha.ha..bukan narsis tapi katastropis, blog daku adalah tong sampah, editan dilakukan karena ada kurang lebih, apalagi jaman MP tulisan masih rada “kasar”

  4. Jadi mending bawa gelas sendiri ya kalau nginep di Hotel

    btw, aku malah baru tahu lho Standart procedur seperti di atas, klik dulu ah videonya 🙂

    • Nampaknya demikian mbak Ely, standar prosedur ini sama diseluruh dunia nampaknya, yang beda itu isi cawannya, ada yang pake fanta, redwine, sesuatu yang merah dianggap bagus..ha.ha.ha..dasar orang cina.
      Tapi pada umumnya teh Oolong bisa tawar bisa manis.

  5. lain kali Ed, kalau ada acara teh pai, kamu bawa cucing sendiri, sehingga angpao nya ndak perlu terlalu tebal, karena kan pake properti sendiri hehehe…

  6. aww… serem juga nyuci gelasnya kayak gitu!! jadi kepikiran pengin pasang hidden cam di hotel2 jakarta aaah… salam kenal!

    • itu sebuah project yang menarik Swastika, tinggal dikau pilih hotel berbintang mana untuk jadi incaran, asal jangan salah pilih hotel :”2 jam-an” ntar dikau tambah sentress dengan hasil intipannya..ha.ha.ha..salam kenal kembali 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s