Nifas: The 40 special days After Beranak…..

Perjalanan seorang anak feremfuan sampai dewasa menemukan pasangan sangatlah menakjubkan dan sering disejajarkan dengan dongeng hidup Cinderella yang indah..

Jika sebelum menikah Cinderella datang ke pesta diuber uber oleh sang pangeran  berubah jadi Upik Abu setelah lewat tengah malam, tapi setelah menikah, sang Cinderella mengalami perubahan permanen  menjadi Upik Abu sepanjang hari…ha.ha.ha..

Jadi kehidupan seorang perempuan itu akan siklus hidup ulat menjadi seekor kupu kupu, hanya saja metamorfosis nya terbalik.

Ibaratnya dari seekor kupu kupu lalu hamil dan melahirkan kemudian masuk ke masa kepompong pertapaan nifas selama 40 hari..he.he.he.

Masa nifas penting bagi tubuh yang baru selesai berjuang antara hidup dan mati untuk melahirkan seorang anak, pelita hati emaknya dan pengikat kaki babenya supaya nggak kelayapan kemana mana 🙂 🙂 🙂

Setiap suku bangsa didunia ini punya kebiasaan yang berbeda mengenai apa saja menu khusus yang boleh dan harus dimakan pada masa nifas…

Di Quntien, ada kebiasaan emak lepas lahiran dicekokin makan menu istimewa Ayam Arak dan Ayam Angkak selama sebulan penuh, enek enek deh.

Tim Ayam Arak

Tim Ayam Arak courtesy of Minah Liyis Photography.

Biasanya ada seorang perawat khusus masa nifas yang sebut Kang Khia untuk mengurus keperluan emak bayi sampai keluar bulan, maksudnya 40 hari..he.he.he

Profesi yang mulia ini mempunyai otoritas penuh atas kesehatan sang emak dan bayi, so tugas masak memasak makan bergizi bagi si emak menjadi tugas utama doi.

Jadi maafkan jikalau daku ada menaruh bunga, eh curiga atas menu wajib yang terus menerus disajikan adalah sang Pengurus Masa Nifas, yang umumnya emak emak itu biar praktis aja alias masakan selagi malas..ha.ha.ha.

angkak-kecil

Chicken Soup Angkhak ala Dukun Eddy :). resep disini

Maklum saja, doi kan cape kudu jagain 2 boss sekaligus.

Para tetua Quntien percaya, jika metamorfosis terbalik ini tidak dijalani dengan sempurna maka dikemudian hari akan timbul mudah sakit sakitan bodinya alias rematik

Makanya dimasa seperti ini banyak pantangannya, nggak boleh ini. nggak boleh itu…
Beberapa walau kurang dimengerti sebabnya tapi karena alasan adat istiadat tetap diikuti dengan rela tetapi ada juga yang rasanya sangat tak masuk akal tapi enggan untuk dilanggar juga, demikianlah Yuri bertanya…

“Walopun daku uda punya anak 1,tapi masih juga ga tau tentang kebenaran mitos kalo abis ngelahirin tuh boleh atau ga boleh keramas dalam 40 hari?”

“Dulu daku sempet mau ikutin ga kramas 40 hari,tapi ga tahaaan,2 minggu aja uda langsung keramas dan rasanya merdekaaa,tapi akhirnya memang daku sempet kena masuk angin terutama dibagian tangan,2 2nya sama skali nggak bisa angkat berat termasuk gendong bayi,penglihatan buram,dengkul kaki ngilu, kata sinshe ya, masuk angin jahat..he.he.he.”

Pertanyaan dari  my dear prens Yuri mewakili hati nuraini kaum emak turunan Chinese sejak ribuan tahun yang lalu..

Banyak takut melawan tradisi ajaib ini, daripada kuwalat mendingan maka persiapan dilakukan untuk menghadapinya…

Biasanya dekat dekat due time, sang emak segera ke salon dan memangkas abis rambut kesayangannya sampe cepak pak pak.

Walau di kaca tampak seorang wanita berhidung bangor alias membesar merah yang sama sekali nggak mirip Demi Moore,doi tak perduli, yang penting nanti nggak disiksa oleh rambut panjang berbalut dengan minyak dan kotoran yang gatal menyiksa 40 hari nanti…he.he.he..

Soalnya sampai saat ini belum ada yang menemukan shampoo super yang dipersembahkan khusus kepada emak nifas yang bisa cuci satu kali saja sebelum beranak bisa membuat rambut tetap fresh and clean sampai 40 hari kemudian.

Paling seminggu dikau udah kegatalan sampe isded ha..ha.ha..

Daku mengira bisa jadi ada kejadian buruk yang sangat fenomenal dimana seseorang istri
orang penting ataukah seorang putri kerajaan yang abis melahirkan terus keramas dan sakit sakitan badan, atau kepala atau lainnya atau mungkin isded, makanya lalu jadilah tradisi ini..

Dan jangan lupa di cina ada 4 musim juga, jika melahirkan di musim dingin atau rontok yang super dingin, keramas hingga rambut basah tentu akan gampang sakit.
Maklum jaman dulu belum ada hairdryer.

Kondisi di Indo musimnya biar ada 4 juga termasuk musim banjir dan musim kebakaran, tapi kan nggak ada musim salju dan musim rontok…ha.ha.ha..

So menurut daku, jalan keluarnya gampang aja, pergi kesalon cuci rambut dengan air hangat lalu dikeringkan dengan hairdryer segera. Beres kan ??!!…

Daku ingat sekali waktu membesuk seorang sedulur yang sedang mejalani masa nifas sekitar 3 mingguan..

Sungguh temans, daku tak betah dekat dekatnya, karena doi memancarkan radiasi bau tak sedap dari rambutnya yang nggak dikeramas selama itu. 🙂

So, patut disangkakan juga kebijakan 40 hari nggak boleh keramas itu juga dalam rangka mengusir suami yang kebelet supaya tidak mendekat…ha.ha.ha…

Ditambah lagi potongan rambut cepak pendek banget, mirip laki, itu cukup ampuh buat menghilangkan “niat buruk” didalam hati sang suami…ha.ha.ha.

Sekali waktu, seorang sedulur daku yang feremfuan abis melahirkan pas 40 hari, biasalah minta advise buat anak barunya, tiba tiba daku ingat..
“Eh, bilangin suamimu ya, selamat berbuka puasa 40 hari….” daku ngeledek.
“Ah, om telat, itu udah dari kemaren kemaren ini .hi..hi..hi….”

“Lho, kok….”
“Lha si om payah, masa lupa daku kan operasi sesar, jadi tidak perlu sampe 40 hari puasanya…”

????

Hua..ha.ha.

Tapi ingat yah, jangan memakai dongeng ini sebagai alasan untuk melahir bayi secara operasi caesar yah, apalagi mencatut nama daku sebagai rekomendatornya. Awas !..ha.ha..ha..

Melahirkan secara natural is the best 🙂

Oh ya…

Dan daku juga mengingatkan sebaiknya emak nifas jangan mengkonsumsi ayam arak terutama sehabis melahirkan dan juga memberikan ASI buat si bayi sebab arak bisa menyebabkan kuning pada bayi baru lahir atau memperparah situasi yang ada.

Ini karena hati si bayi yang baru lahir masih belum bekerja dengan sempurna.

“Tapi kan arak yang sudah di tim sudah gak tinggi lagi kadar alkoholnya ?”
Bener, tapi dalam kenyataannya demikian adanya, dan kuning pada bayi jika parah sekali bisa menyebabkan gangguan pada otak dan membuat si bayi perkembangan fisik dan intelektualitasnya menjadi terganggu, alias terbelakang.

So hati hati ya.

Advertisements

43 responses to “Nifas: The 40 special days After Beranak…..

  1. tuuh kan jaman udah maju..
    klo lewat sesar gak berlaku kaan..
    paling tinggal nunggu jahitan kering biar gak ganggu..

    oh iya ritual pake stagen gak ada tyuh di tradisi orang Quntien? itu tuuh yg di bilang orang2 tua biar perutnya singset lagi 😀

  2. nitafebri said: oh iya ritual pake stagen gak ada tyuh di tradisi orang Quntien? itu tuuh yg di bilang orang2 tua biar perutnya singset lagi 😀

    Ha..ha.ha.ini juga termasuk tradisi percuma, mana bisa pake stagen perut bisa singset lagi, buktinya pada perutnya kemana mana..ha.ha.ha.

  3. nitafebri said: tuuh kan jaman udah maju..klo lewat sesar gak berlaku kaan.. paling tinggal nunggu jahitan kering biar gak ganggu..

    Hm, jadi dikau bermaksud operasi sesar juga, dengan indikasi supaya bisa cepat intim kembali..ha.ha.ha.

  4. manikamanika said: Keramas kagak boleh tp jalan2 ke salon boleh ya mbah? Gak kebayang deh baunya, pasti yg nyium mau isded jg hehe..

    Kalo mau keramas ke salon tentu bolehlah, kalo nggak yah keramas sendiri aja pake pancuran air hangat..he..he.he..bau ? so pasti…ha.ha..ha.

  5. manikamanika said: Keramas kagak boleh tp jalan2 ke salon boleh ya mbah? Gak kebayang deh baunya, pasti yg nyium mau isded jg hehe..

    Pak dokter , aku jg caesar, tapi tetep disuruh gak kramas 40hr, tpi mama dtg cuman seminggu pertama, setelah itu ndak ada orang, pembantu juga gak ada, ya akhirnya kramas dgn bekas jahitan kuplester lakban.
    Gak boleh duduk ditekuklah, gak boleh jongkok lah, gak boleh naik turun tanggalah hehhehe, ya akhirnya semua kulanggar, kalo gak emang sapa yg ngerjain?wong dirumah cuman aku ama anak doang.
    Ya untungnya gak pernah masuk angin sampe tgn lemas gak bisa angkat gitu sih…
    Dan untungnya sampe skrng jg blm linu2 (amit2 gak mintak), wong kadang malem jam 12 juga baru mandi..

  6. pennygata said: Pak dokter , aku jg caesar, tapi tetep disuruh gak kramas 40hr, tpi mama dtg cuman seminggu pertama, setelah itu ndak ada orang, pembantu juga gak ada, ya akhirnya kramas dgn bekas jahitan kuplester lakban.

    Wuih, dikau emang tipe ulet Ta..he.he.he.kalo diluar negeri semua pada seperti itu, dan baik baik aja yah…
    Bodi masing masing memang berbeda, ada yang selagi hamil aja udah sakit pinggang, abis melahirkan tambah gawats dan datang berobat.

  7. pennygata said: Pak dokter , aku jg caesar, tapi tetep disuruh gak kramas 40hr, tpi mama dtg cuman seminggu pertama, setelah itu ndak ada orang, pembantu juga gak ada, ya akhirnya kramas dgn bekas jahitan kuplester lakban.

    Sebenernya sih pak, mertua sama ajah…ga boleh ini-itu, tp aku mah cuek2 ajah. Wong liat mamahku pulang dr rs lsg nyuci pun ga apa koq…

  8. pennygata said: Pak dokter , aku jg caesar, tapi tetep disuruh gak kramas 40hr, tpi mama dtg cuman seminggu pertama, setelah itu ndak ada orang, pembantu juga gak ada, ya akhirnya kramas dgn bekas jahitan kuplester lakban.

    Be Ed,
    Kadang gak tau info itu untung yak?
    Diriku 4x melahirkan, semuanya udah keramas saat masih di RS (bahkan 1 kali melahirkan malem, paginya udah keramas !). Padahal 3 anak lahir saat musim dingin, udara rata2 gak lebih dari 10°C.
    Untunglah sampai saat ini daku segar bugar tanpa keluhan di badan, masih kuat jalan kaki keluyuran ke mana2

  9. depingacygacy said: Sebenernya sih pak, mertua sama ajah…ga boleh ini-itu, tp aku mah cuek2 ajah. Wong liat mamahku pulang dr rs lsg nyuci pun ga apa koq…

    He.he.he..kalo versi kebijakan ala Cina kuno, keluhan itu akan muncul saat dikau mencapai umur 40 tahun keatas…he..he.he.

  10. ibujempol said: Be Ed,Kadang gak tau info itu untung yak?Diriku 4x melahirkan, semuanya udah keramas saat masih di RS (bahkan 1 kali melahirkan malem, paginya udah keramas !). Padahal 3 anak lahir saat musim dingin, udara rata2 gak lebih dari 10°C.Untunglah sampai saat ini daku segar bugar tanpa keluhan di badan, masih kuat jalan kaki keluyuran ke mana2

    Julia, daku kira mungkin dijaman Cina kuno dulu, musim dinginnya mungkin sama tetapi dinding rumah ala kadarnya aja, sehingga angin dinginnya benar benar sangat menusuk sampe ke tulang tulang, makanya dianjurkan tidak boleh keramas :))

  11. ibujempol said: Be Ed,Kadang gak tau info itu untung yak?Diriku 4x melahirkan, semuanya udah keramas saat masih di RS (bahkan 1 kali melahirkan malem, paginya udah keramas !). Padahal 3 anak lahir saat musim dingin, udara rata2 gak lebih dari 10°C.Untunglah sampai saat ini daku segar bugar tanpa keluhan di badan, masih kuat jalan kaki keluyuran ke mana2

    Terpaksa ikutan baca ini karena anak saya baru melahirkan dan belum 40 hari.

  12. ibujempol said: Be Ed,Kadang gak tau info itu untung yak?Diriku 4x melahirkan, semuanya udah keramas saat masih di RS (bahkan 1 kali melahirkan malem, paginya udah keramas !). Padahal 3 anak lahir saat musim dingin, udara rata2 gak lebih dari 10°C.Untunglah sampai saat ini daku segar bugar tanpa keluhan di badan, masih kuat jalan kaki keluyuran ke mana2

    kan ada dijual dry shampoo, jadi nggak usah basahin rambut…..yah semacam dry clean gitu…

  13. ibujempol said: Be Ed,Kadang gak tau info itu untung yak?Diriku 4x melahirkan, semuanya udah keramas saat masih di RS (bahkan 1 kali melahirkan malem, paginya udah keramas !). Padahal 3 anak lahir saat musim dingin, udara rata2 gak lebih dari 10°C.Untunglah sampai saat ini daku segar bugar tanpa keluhan di badan, masih kuat jalan kaki keluyuran ke mana2

    waktu hani switi ngelahirin triplets dulu piye pengalamannya Pak Dokter?

  14. bg440507 said: Terpaksa ikutan baca ini karena anak saya baru melahirkan dan belum 40 hari.

    Ini bukan bacaan khusus buat orang yang sedang menjalani masa nifas om..ha.ha.ha.dikau di welkam kok :)).
    Tentu kebiasaan seperti ini udah nggak ada lagi di keluarga dikau kan ? :))

  15. lbillstein said: kan ada dijual dry shampoo, jadi nggak usah basahin rambut…..yah semacam dry clean gitu…

    He..he.he..Linda, soal dry clean ini, ada cara dry clean yang lebih canggih sejak dulu dilakukan :
    rambut kalo rasanya udah "berat" tinggal pake bedak talk bayi,
    sisir2 pelan2, minyak semua nempel di talk..ha.ha..ha…

  16. dphn04 said: waktu hani switi ngelahirin triplets dulu piye pengalamannya Pak Dokter?

    Sudah jelas mandi keramas sesuka hati seperti biasa, yang penting menjaga bekas operasinya tetap kering :))

  17. eddyjp said: Sudah jelas mandi keramas sesuka hati seperti biasa, yang penting menjaga bekas operasinya tetap kering :))

    pasti tetep kering bekas operasinya, yg mandiin kan dah pengalaman hehehehhe

  18. eddyjp said: Sudah jelas mandi keramas sesuka hati seperti biasa, yang penting menjaga bekas operasinya tetap kering :))

    hihi.. ada temen yg juga gitu… tp begitu nyokapnya keluar rumah pergi belanja bulanan, langsung curi2 keramas dan cepet2 dikeringin … wahahaha… jd ngejalaninnya sepenglihatan nyokapnya aja …

  19. dphn04 said: pasti tetep kering bekas operasinya, yg mandiin kan dah pengalaman hehehehhe

    He..he.he.kalo itu sih nggak perlu dimandikan, kalo daku memandikannya nambah nggak bersih…ha.ha.ha.mandi kucing :))

  20. mratriani said: hihi.. ada temen yg juga gitu… tp begitu nyokapnya keluar rumah pergi belanja bulanan, langsung curi2 keramas dan cepet2 dikeringin … wahahaha… jd ngejalaninnya sepenglihatan nyokapnya aja …

    He..he.he.begitulah Magda, tradisi semakin lama tersisih dan hilang dari kebudayaannya karena kemajuan jaman.

  21. mratriani said: hihi.. ada temen yg juga gitu… tp begitu nyokapnya keluar rumah pergi belanja bulanan, langsung curi2 keramas dan cepet2 dikeringin … wahahaha… jd ngejalaninnya sepenglihatan nyokapnya aja …

    Udah baca razia Indomie di taiwan Ed ?
    kalo belom, mungkin masih bisa pake 1 kardus indomie sbg patokan. kalo udah habis sekardus baru boleh keramas..
    dng catatan makan sebungkus sehari

  22. ibuseno said: Udah baca razia Indomie di taiwan Ed ?kalo belom, mungkin masih bisa pake 1 kardus indomie sbg patokan. kalo udah habis sekardus baru boleh keramas..dng catatan makan sebungkus sehari

    Ha..ha.ha..gimana kalo suaminya bantuan makan sebungkus sehari Cho, atau bahkan 2 :))

  23. ibuseno said: Udah baca razia Indomie di taiwan Ed ?kalo belom, mungkin masih bisa pake 1 kardus indomie sbg patokan. kalo udah habis sekardus baru boleh keramas..dng catatan makan sebungkus sehari

    Thanks ya Ed tuk mengingatkan lagi masa nifas, skr uda gak nifas tapi napas ngos ngosan alias uda tuwir cape he he he he

  24. angklung1 said: Thanks ya Ed tuk mengingatkan lagi masa nifas, skr uda gak nifas tapi napas ngos ngosan alias uda tuwir cape he he he he

    Ha..ha.ha..jadi abis melewati masa nifas datang masa sesak nafas.:))

  25. fahranza said: Komen nya lucu lucu :))

    yach di keramasin donk … terus di pijitin … terus di keringin pake hair-dryer … abis itu di mandiin … terus di keringin … di kasih minyak kayu putih + minyak telon … terus kasih minum jamu … kasih makan ayam arak + ayam angkak … *contoh suami teladan* … he he he he he he he :D:P

  26. fahranza said: Komen nya lucu lucu :))

    wah.. wah… daku bener2 yakin abis nglahirin mo langsung kramas dah… ga mau dibikin "dekhil n kumel" lagi kayak dulu..heheheh… paling yang susah ya nunggu jaitan kering lah yaa..hehhehe…. thanks ya mbah… blog ini ngedukung bener perasaan ati daku yang kemaren2 masih dilema … kekekekek

  27. awsmile said: yach di keramasin donk … terus di pijitin … terus di keringin pake hair-dryer … abis itu di mandiin … terus di keringin … di kasih minyak kayu putih + minyak telon … terus kasih minum jamu … kasih makan ayam arak + ayam angkak … *contoh suami teladan* … he he he he he he he :D:P

    Ha..ha.ha.dikau ini memang suami teladan yang tiada duanya di dunia kangow Adi, eh, dikau ada perhatikan nggak apakah soal nggak boleh keramas masih dianut oleh para the kiasu dan the kiasi company di Spore ???..he.he.he.

  28. yourie2 said: wah.. wah… daku bener2 yakin abis nglahirin mo langsung kramas dah… ga mau dibikin "dekhil n kumel" lagi kayak dulu..heheheh… paling yang susah ya nunggu jaitan kering lah yaa..hehhehe…. thanks ya mbah… blog ini ngedukung bener perasaan ati daku yang kemaren2 masih dilema … kekekekek

    Ha..ha..ha..dikau yang menginsipired dongeng ini Yuri, tapi ingat yah tetap jaga kondisi fisik, jangan baru seminggu udah kelayapan ke mall dan supermarket…he.he.he..lebih baik ikuti kebijakan kuno :))

  29. eddyjp said: Adi, eh, dikau ada perhatikan nggak apakah soal nggak boleh keramas masih dianut oleh para the kiasu dan the kiasi company di Spore ???..he.he.he.

    Sepertinya di pastikan tidak tuch … di sini mah, bayi masih merah aja dah di ajak ke mall tanpa di bedong2 … kalo anaknya aja dah kelayapan di minggu2 pertama, emaknya juga dah dandan cantik bin wangi utk nemeni anaknya yg masih secuil mungil. :D:P

  30. eddyjp said: Adi, eh, dikau ada perhatikan nggak apakah soal nggak boleh keramas masih dianut oleh para the kiasu dan the kiasi company di Spore ???..he.he.he.

    Niatku sejak baca postingan ini adalah jadi komentator yang paling akhir…
    oke, aku gak keramas 40 hari full. Puas??? hahahaha….
    Sebenarnya banyak ini-itu yg malas kuturutin lho, tapi malah ada ajaaa yg kejadian. Sempat aku sampe menggigil2 kedinginan beberapa kali, menakutkan rasanya. abis itu… yaaah, manuuut aja!

  31. awsmile said: Sepertinya di pastikan tidak tuch … di sini mah, bayi masih merah aja dah di ajak ke mall tanpa di bedong2 … kalo anaknya aja dah kelayapan di minggu2 pertama, emaknya juga dah dandan cantik bin wangi utk nemeni anaknya yg masih secuil mungil. :D:P

    He..he.he.betapa indahnya dunia disebelah sana rupanya Adi, thanks buat sekilas infonya.
    Apakah itu juga berarti masa berkabung para ayahandanya juga menjadi lebih pendek dong ?..ha.ha.ha.

  32. hennymamaping said: Niatku sejak baca postingan ini adalah jadi komentator yang paling akhir… oke, aku gak keramas 40 hari full. Puas??? hahahaha….Sebenarnya banyak ini-itu yg malas kuturutin lho, tapi malah ada ajaaa yg kejadian. Sempat aku sampe menggigil2 kedinginan beberapa kali, menakutkan rasanya. abis itu… yaaah, manuuut aja!

    Hua..ha.ha…akhirnya nemu juga emak penganut kebijakan cina kuno sejati, apa maksud dikau dengan menggigil kedinginan beberapa kali ? itu abis mandikah ? atau abis keramas ? atau tiba tiba turun salju dikampung halaman dikau nanti indah Linggau ? :))

  33. hennymamaping said: Niatku sejak baca postingan ini adalah jadi komentator yang paling akhir… oke, aku gak keramas 40 hari full. Puas??? hahahaha….Sebenarnya banyak ini-itu yg malas kuturutin lho, tapi malah ada ajaaa yg kejadian. Sempat aku sampe menggigil2 kedinginan beberapa kali, menakutkan rasanya. abis itu… yaaah, manuuut aja!

    Eddy, aku tetap keramas setiap hari & melakukan aktivitas spt biasa setelah melahirkan termasuk melibatkan bayi spt jalan pagi/jalan sore di taman untuk menghilangkan "baby weight" :))

    Saran dokter disini: selama 6 minggu setelah melahirkan tidak diperkenankan melakukan sexual intercourse 😀

  34. awhitecallalily said: Eddy, aku tetap keramas setiap hari & melakukan aktivitas spt biasa setelah melahirkan termasuk melibatkan bayi spt jalan pagi/jalan sore di taman untuk menghilangkan "baby weight" :))

    He..he.he..begitulah Agni, setiap negara punya kebiasaan yang berbeda, kalo disana kan nggak ada kebiasaan menjaga ibu lepas melahirkan pasca hamil seperti di Asia.
    6 minggu itu untuk melahirkan lewat vagina, kalo sectio banyak yang udah coitus setelah sebulan…he.he..he..bisa jadi lebih awal malahan..ha.ha.ha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s